Gubsu Berencana Dirikan Pabrik Pupuk Organik Di Langkat
01 April 2019 - 17:58:07 WIB,    yuda - DISKOMINFO

Langkat, (Diskominfo)

Bupati Langkat Terbit Rencana PA mendapingi Gubsu H Edy Rahmayadi menghadiri acara penen raya jagung dan panen pedet (anak sapi), dengan tema membangun desa manata kota mewujudkan Sumut yang agraris dan bermartabat, di Desa Purwobinangun Kecamatan Sei Bingai Kabupaten Langkat, Senin (1/4/2019).

Kegiatan tersebut, yang di selenggarakan oleh Pemprovsu melalui Dinas Pertanian dan Dinas Perternakan Provsu, memberikan bantuan benih jagung hibrida 135 ton, benih padi inpari134 ton,  serta  sarana produksi lainya untuk kelopok tani Kabupaten Langkat.

Gubsu pada sambutannya, mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan dan memajukan kesejahteraan masyarakat Langkat, khususnya bagi para  petani Langkat. 

"Kedepan, harapanya para petani Langkat, memiliki ekonomi yang mapan,"sebutnya.

Guna mencapai tujuan itu, Gubsu akan bekerjasama dengan Bupati Langkat, untuk merencanakan penyiapan lahan untuk memacu  perkembangbiakan peternakan   sapi, serta mendirikan pabrik pupuk organik, untuk meningkatkan produksi pertanian Langkat.
 "Jika ini terlaksana, pastinya  pasokan daging akan selalu tercukupi dan kotoran sapi yang digunakan untuk pupuk organik, akan menyuburkan  tanaman petani,"sebutnya.

Dengan demikian, kata Gubsu, masyarakat Langkat akan sejahtera dan makmur serta   kebutuhan gizinya  terpenuhi secara baik.
 "Gizi yang cukup akan membuat generasi Langkat sehat dan cerdas, sehingga dipastikan dapat memajukan bangsa,'pungkasnya.

Bupati Langkat, pada kesempatan itu, meyakini,  kehadiran Gubsu  menjadi motivasi bagi seluruh masyarakat Langkat,  dalam memperkuat pembangnan pertanian.
Selanjutnya Bupati menginformasikan, bahwa   Pemkab Langkat selama ini terus berupaya memacu pembangunan di sektor pertanian, dan meningkatkan pendapat para petani, guna mempertahankan swasembada pangan.

"Kepada para petani Langkat , yang telah banyak berbuta bagi ketersedian lubung pangan untuk Langkat dan Sumut, kami ucapkan terima kasih,"imbuhnya.

Sembari mengajak kepada seluruh masyarakat Langkat, untuk berpartisifasi dalam menjaga Kamtibnas di Langkat pada Pemilu 17 april 2019 mendatang.

Pada kegiatan tersebut, Gubsu didampingi Bupati Langkat meninjau inseminasi buatan untuk 120 sapi, lalu melakukan penanaman benih jagung hibrida tahap I seluas 2 HA, serta melakukan panen jagung hibrida tahap I seluas 3 HA. Selanjutnya menyerahkan  penghargaan capaian Upsus siwab terbaik Sumut diama sebagai juara I Langkat,  serta penyerahan  hadian kontes ternak terbaik, penyerahan polis asuransi ternak dan  clain asuransi ternak kepada 3 kelopok tani Langkat senilai Rp 30 jt. Bantuan ini dari Pemprovsu yang diberikan melalui Dinas Tanaman Pangan Hortikultura Provsu.

Turut Hadir Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian RI, Ketua DPRD Langkat, Sekdakab Langkat, unsur Forkopimda Langkat, para pimpinan OPD Langkat salah satunya Kadis Pertanian Langkat Nasrudin SP,  Camat beserta unsur Forkopim Sei Bingai, Kades dan tokoh agama/masyarakat/pemuda serta ketua kelopok tani dan ketua kelompok wanita tani se Langkat.(Diskominfo)