Bupati Langkat Tinjau USBN Tingkat SMP
08 April 2019 - 16:40:39 WIB,    yuda - DISKOMINFO
Stabat, (DIskominfo)
 
Bupati Langkat Terbit Rencana PA meninjau pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat di Kabupaten Langkat,  pada hari pertama di SMP Negeri 1 Stabat,  Langkat,  Senin (8/4/2019). 
 
Bupati Langkat,  pada kesempatan itu,  berharap, seluruh pelajar tingkat SMP sederajat se Kabupaten Langkat,  dapat mengikuti USBN. Serta pelaksanaanya, berjalan lancar, aman dan tertib. 
 
"Semoga  semuanya tidak ada yang sakit  ataupun berhalangan, sehingga tidak ada yang alpa, " pintanya. 
 
Bupati juga berharap para pelajar se Langkat,  seluruhnya lulus dan mendapatkan nilai yang baik. Sehingga mutu pendidikan di Langkat semakin meningkat. 
 
"Rajinlah belajar dengan giat,  agar mendapat hasil yang memuaskan pada USBN ini,  sehingga menjadi generasi bangsa yang keemasan,"imbuhnya.
 
Kadis Pendidikan Langkat Dr H Saiful Abdi SH SE MPd, menerangkan, USBN kali ini diikuti 278 sekolah yang terdiri dari SMP Negeri sebanyak 62 sekolah, SMP Swasta  95 sekolah, MTs Negeri 4 sekolah dan MTs Swasta 115 sekolah.
 
Untuk jumlah peserta, sambung Saiful,  seluruhnya sebanyak 18.700 pelajar se Langkat,  terdiri dari sekolah SMP Negeri 4.070 siswa dan 4.244 siswi, sementara untuk pelajaran SMP Swasta sebanyak 2.275 siswa dan 1.812 siswi,   selebihnya, pelajar MTs Negeri dan swasta berjumlah  6.236 pelajar. 
 
"Ujian ini dilaksanakan mulai 8 sampai 13 april 2019," paparnya. 
 
Kepala Bidang Pendidikan SMP Rudi Hendra Tarigan MPd, menyampaikan, USBN telah didistribusikan ke 38 rayon SMP/MTs se Langkat, selanjutnya didistribusikan ke sekolah dan nantinya hasil Lembar Jawaban Kertas (LJK) akan dikoreksi di masing-masing sekolah.
 
Sedangkan naskah USBN yang diujikan, kata Hendra, berupa mata pelajaran bahasa Indonesia, IPA, IPS, PPKN, bahasa Inggris, dengan rincian 804 naskah soal dalam amplop besar, 259 naskah dalam amplop kecil total keseluruhannya 1.063 amplop yang berisikan 2.620 naskah soal.
 
Kapsek  SMP N 1 Stabat, Drs Tian Kaban MPd, memaparkan, untuk pelajar SMP N 1 yang ikut ujian sebanyak 317 pelajaran,  terdiri 145 siswa dan 172 siswi,  dengan memakai 16 ruang. 
 
"Mata pelajaran yang pertama diujikan bahasa Indonesia dan PPKN, " sebutnya. 
 
Turut mendampingi bupati Kadis Pendidikan, kadis Kominfo, Kadis Perikanan ,  Sekwan dan Camat Stabat. (Diskominfo)