Bupati Langkat Pimpin Upacara Peringatan Hardiknas Tahun 2019 “Berikan Insentif Kepada 2520 Guru Honorer”
02 Mei 2019 - 18:08:15 WIB,    yuda - DISKOMINFO

Stabat, (Diskominfo)

Bupati Langkat Terbit Rencana PA memimpin upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2019, di Alun – Alun T Amir Hamzah Stabat, Langkat, Kamis (2/5/2019).

Bupati Langkat pada amanatnya, menyampaikan pidato Mendikbud RI Muhadjir Effendy, mengatakan, pelaksanaan peringatan Hardiknas pada 2 mei ini,  diambil dari hari kelahiran bapak pendidikan nasional  Ki Hadjar Dewantara selaku tokoh pahlawan. Tahun ini bertemakan "menguatkan pendidikan, memajukan kebudayaan", selaras dengan pesan penting Ki Hajar sendiri terkait hubungan erat pendidikan dan kebudayaan.

“Untuk  menciptakan ekosistem pendidikan yang syarat dengan nilai dan pengalaman kebudayaan, guna membingkai hadirnya Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, demi terwujudnya Indonesia berkemajuan,”sebutnya.

Bupati juga menerangkan, dalam perspektif Kemendikbud, pembangunan SDM menekankan  dua penguatan, yaitu pendidikan karekter dan penyiapan generasi pendidik yang terampil dan cakap, dalam memasuki dunia kerja. Untuk pendidikan karekter dimaksudkan untuk membentuk insan berakhlak mulia, empan papan, sopan satun, tanggung jawab serta budi pekerti yang luhur. Sementara ikhtiar membekali ketrampilan dan kecakapan  disertai penanaman jiwa kewirausahan.

“Guna mencapai itu, membutuhkan professional kinerja segenap pemangku kepentingan dalam dunia penddikan di tingkat pusat dan daerah,’sebutnya.

Sebab, kata Bupati, saat ini anggaran pendidikan sekitar 63 persen dikelola daerah, oleh karena itu perlu dingatkan terus menerus agar daerah mengambil peran yang lebih aktif  dalam memanfaatkan dana APBN  baik melalui Dana Alokasi Umum (DAU) maupun Dana Alokasi Khusus (DAK),  dengan memperhatikan kualitas pemanfaatan untuk program – program prioritas.

"Serta APBD yang menjamin anggaran pendidikan minimal 20 persen,"ungkapnya.

Maka, sebut Bupati,  pembangunan pendidikan dan kebudayaan dalam rangka penguatan SDM yang berkualitas  akan berjalan optimal , manakalah Pemda  dan segenap pemangku kepentingan  yang ada, proaktif dan lebih aktif dalam mendorong kemajuan dunia pendidikan dan kebudayaan.

Selanjutnya, Bupati  atas nama pemerintah,  menyampaikan penghargaan dan penghormatan setingi-tingginya kepada para insan pendidik dan kebudayaan diseluruh penjuru negri, yang telah lelah  menyalakan mimpi, memberikan isnpirasi, membuka jalan terang masa depan anak Indonesia.

"Sehingga  menjadi manusia cerdas berkarakter kuat dan memberikan manfaat bagi sekitarnya,"imbuhnya.

Sembari menyampaikan rasa syukur, bangsa Indonesia baru saja berhasil melewati puncak tahap perhelatan Pemilu serentak, semoga semakin dewasa dalam berdemokrasi, sebab terbentuknya negara yang demokratis, merupakan tujuan pendidikan nasional, sesuai UU No 20 tahun 2003.

Selepas upacara Bupati Langkat  memberikan bantuan berupa Dana Alokasi Khusus (DAK) kepada 9 Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan 8 Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Langkat. Serta memberikan bantuan insentif secara simbolis  kepada 2520 guru honorer tingkat SMP dan SD se Langkat. Dilanjutkan dengan memberikan hadiah kepada siswa siswi tingakat SD dan SMP pemenang Olimpiade Olahraga Siswa  Nasional (O2SN) dan pemenang perlombaan Majalah Dinding (Mading) tingkat Kabupaten Langkat.

Turut hadir wakil Bupati Langkat H Syah Afandin, unsur Forkopimda Langkat, para pejabat sipil, TNI/Polri, serta pserta upcara lainnya.(Diskominfo)