Gubsu Gelar Safari Ke Kampung Lama Besitang, Terbit Rencana Ajak Masyarakat Langkat Dukung Gubsu Wujudkan Sumut Bermartabat
28 Mei 2019 - 16:58:20 WIB,    yuda - DISKOMINFO

Langkat, (Diskominfo)

Bupati Langkat Terbit Rencana PA menyabut kedatangan safari ramadhan  Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) H Edy Rahmayadi beserta rombongan, di masjid Datok Johan Pahlawan, Kel Kampung Lama, Kec Besitang, Kab Langkat, Senin malam (27/5/2019).

Penyabutan Bupati didampingi wakil Bupati Langkat H Syah Afandin, Sekdakab Langkat dr Indra Slahudin, Dandim 0203/Langkat Letkol Inf Syamsul Alam, serta sejumlah kepada OPD Pemkab Langkat dan jamaah lainnya.

Gubsu melaksanakan safari di kampung lama besitang itu, untuk kembali mengingat nama besar Datuk Johan sebagai  seorang pahlawan yang ditandai dengan nama masjid bersejarah ini.

"Kenapa saya pilih tempat ini, karena ini tempat bersejarah. Di sini pahlawan kita (Datuk Johan Pahlawan), beliau gugur saat berperang melawan tentara Jepang. Saya ingin ini diekspos (ditampilkan) besar," ujar Gubernur di hadapan ratusan umat muslim pada acara safari tersebut.

Menurut Gubernur, kekuatan umat Islam dalam sejarah perjuangan bangsa tidak bisa dipungkiri. Sebab kemerdekaan Indonesia tidak terlepas dari peran kumpulan para santri yang saat ini dapat dirasakan. Karenanya dalam masa mendatang, nama Datuk Johan Pahlawan yang menjadi nama Masjid di kelurahan ini harus mendapat tempat di masyarakat  Sumatera Utara dan Indonesia.

"Harusnya kampung ini banyak yang tahu, namanya Kampung Lama. Salah satu masjid tertua (didirikan 1907). Sehingga kita tahu kalau ada upaya memperjuangkan bangsa, itu dari sini juga," sebut Gubernur didampingi Ketua TP PKK Sumut  Nawal Edy Rahmayadi.

Selain itu, Edy juga meminta agar makam Datuk Johan dan pahlawan lain yang berada di dekat masjid tetap dijaga. Bahkan dirinya berharap dibuatkan satu tempat khusus untuk pusara sang pahlawan.

"Saya bukan ingin mengagungkan makam. Tetapi negara yang besar adalah negara yang menghargai  jasa pahlawannya. Harusnya ini bisa jadi tujuan wisata," sebut Edy yang mengharapkan dukungan Bupati Langkat.

Sementara Bupati Langkat Terbit Rencana PA, dalam sambutannya mengapresiasi perhatian Gubernur kepada negri bertuah (Langkat), untuk itu dirinya mengimbau agar masyarakat mendukung upaya Edy Rahmayadi bersama Musa Rajekshah mewujudkan Sumut Bermartabat.

“Saya ucapakan terima kasih kepada Gubsu, atas perhatiannya. Untuk masyarakat Langkat mari kita bangun semangat saling berbuat kebaikan, dengan mendukung visi misi Gubsu, membangun Sumut lebih makmur dan sejahtera,”pungkasnya.

Dalam safari tersebut, selain berbuka puasa bersama, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara juga memberikan bantuan kepada para alim ulama setempat dan 50 anak yatim/piatu. Termasuk pemberian bingkisan dari Baznas Sumut paket senilai Rp300ribu.

Usai berbuka puasa bersama, Gubernur  bersama ratusan umat muslim yang hadir,  melaksanakan salat magrib berjamaah setelah itu mendengarkan tausyah dari Prof.Dr.Mhd Hatta ketua MUI Provsu. 

Hadir diantaranya  Anggota DPRD Sumut Muchrid Nasution, Ketua Baznas Sumut H Amansyah Nasution. Turut mendampingi Asisten III HM Fitriyus, Kadis Pendidikan Arsyad Lubis, Kadisperindag Zonny Waldi, Kadispora Baharuddin Siagian, Kadis Budpar Hidayati, Kadinsos Rajali, Kabiro Binsos Muhamad Yusuf serta sejumlah pejabat.