Pemkab Langkat Pringati HKP Tahun 2019 "Pancasila Sumber Inspirasi Politik Harapan"
09 Juni 2019 - 14:00:13 WIB,    yuda - DISKOMINFO
Langkat, (Diskominfo)
 
Bupati Langkat Terbit Rencana PA melalui Wakil Bupati langkat H Syah Afandin memimpin upacara peringatan Hari Kelahiran Pancasila (HKP), dijajaran Aparatur Sipil Negri (ASN) Pemkab Langkat,  di Halaman Kantor Bupati Langkat,  Stabat,  Sabtu (1/6/2019). 
 
Atas intruksi Bupati Langkat,  para ASN pada upacara itu, menggunakan berbagai pakai adat dari etnis Melayu,  Karo,  Jawa dan lainnya.  Hal ini sebagai simbol bahwa bangsa Indonesia, dapat menyatu dalam kerukunan, meskipun berbeda suku dan agama,  dalam balutan dasar Pancasila  yaitu Bhineka Tunggal Ika. 
 
Syah Afandin pada amanatnya, menyampaikan pidato tertulis Plt.Kepala Badan Pembinaan Idiologi Psncasila (BPIP) RI Hariyono, bahwa melalui momentum peringatan HKP 1 Juni ini,  Pancasila perlu dijadikan sumber inspirasi Politik Harapan,  dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.  Kita harus terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara,  ideologi negara dan pandangan dunia,  yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia 
 
"Mari kita bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun,  damai,  adil dalam kemakmuran, dan makmur dalam keadilan, " ajaknya. 
 
Selanjutnya, Syah Afandin, mengatakan, bahwa memperingati dan merayakan HKP merupakan keniscayaan, sebab kita berusaha mengenang dan merefleksikan momentum sejarah,  dimana pendiri bangsa berhasil menggali nilai-nilai fundamental bangsa Indonesia,  sebagai dasar negara. 
 
"Sehingga bangsa nusantara yang beragam dapat bersatu dan menyatu sebagai kesatuan bangsa," sebutnya menyampaikan pesan  Presiden RI Ir Joko Widodo pada teks tersebut. 
 
Selain itu, kata Wakil Bupati Langkat, dengan merayakan HKP kita dapat membangun kebersamaan dan harapan,  untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik. 
 
"Sebab Pancasila terus memberikan harapan untuk  masa depan, khususnya dalam merelaksasi visi dan misi bangsa Indonesia, " terangnya. 
 
Demi mewujudkan itu,  sambungnya, diperlukan kesadaran dan pemahaman untuk saling menghormati,  bekerja sama,  bergotong royong,  dalam menyelesaikan permasalahan yang ada.  Melalui budaya politik kewarganegaraan yang demokratis,  budaya politik yang dapat menumbuhkan dan merawat harapan bukan politik yang menimbulkan ketakutan. 
 
"Kita Indonesia,  Kita Pancasila adalah sosok yang percaya diri,  optimis dan penuh harapan dalam menatap masa depan,  sebagai bangsa yang maju,  adil dan makmur, " tandasnya. 
 
Turut hadir Forkopimda plus, Sekdakab Langkat, para Asisten dan Staf Ahli Bupati Langkat, ketua MUI, ketua BNNK Langkat, para Kepala OPD dan seluruh ASN Pemkab Langkat, sejumlah Organisasi Kepemudaan Langkat, tokoh agama/masyarakat dan pemuda Langkat serta peserta upacara lainnya.