Turunkan Angka Kematian Bayi dan Ibu Saat Bersalin , USAID Jalin Pusat dan Sumut Berkunjung Ke Langkat
18 Juni 2019 - 14:21:50 WIB,    rika - DISKOMINFO

Langkat, (Diskominfo)

Bupati Langkat Terbit Rencana PA melalui Sekdakab Langkat dr H Indra Salahudin menerima kunjungan Tim Developmental Evaluation USAID Jalin pusat dan Tim USAID Jalin Sumut, bertempat di Rumah Dinas Bupati Langkat, Senin (17/6/2019).

Kunjungan tersebut dalam rangka menerapkan Program Persalinan Dan Pencegahan Komplikasi (P4K), guna menurunkan angka kematian bayi dan ibu dalam persalinan. 

Turut mendampingi Sekda, Kadis Kesehatan dr Sadikun, Plt Kadis PMD Musti, Sekdis PMD Mirza, Kabid Lidbang BapedaGumala Ulfa, Kasi Kesra Fadlilla.

Rombongan Tim USAID Jalin pusat, dipimpin oleh Ria Wardani  selaku evaluation specialist, Bambang Heryanto (MNH specialist), Dodi Mantra (Research Associante) Renny Kemberen (Finance Manager). Untuk Tim Sumut hadir  Harry Masyrafah (Regional Manager), Nasril Lubis (Regional Officer), Zul Fadhli (Regional Officer).

Sekda, pada kesempatan itu, mengucapkan selamat datang, selain itu Ia berharap, P4K yang dilaksanakan oleh USAID Jalin Sumut, dapat berjalan baik sesuai dengan direncanakan dan diharapkan. Sehingga benar-benar memberikan manfaat bagi masayarat Langkat.

“Semoga dengan program tersebut, angka kematian bayi dan ibu hamil pada persalinan dapat menurun,”harapnya.

Sekda juga berharap,  program ini dapat diterapkan diseluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Langkat. 

Sementara Ria Wardani  menerangkan, maksud dan tujuan program P4K, untuk melakukan serangkaian kegiatan, baik berupa wawancara perorangan ( personal interview ) maupun Focused Gruop Discusion. Agar pihaknya dapat mengetahui penyebab dominan dari kematian bayi dan ibu saat bersalin.

“Sehingga kita dapat memberikan pencegahan yang tepat. Cara pencegahan itu, akan kita sampaikan melalui sosialiasi kepada seluruh masyarakat Langkat, bekerja sama dengan Dinkes Langkat,”terangnya.

Dengan cara ini,  pihaknya sangat berharap,  angka kematian ibu dan bayi saat bersalin dapat menurun. 

Sebelumnya, sambung Ria, Tim USAID Jalin Sumut bersama Dinkes Langkat, telah melakukan kegiatan tersebut di Kecamatan Tanjung Pura dan Kecamatan Hinai.