Pemkab Langkat Peringati BBGRM Ke-16 Dan HGK PKK Ke-47
02 Juli 2019 - 08:13:11 WIB,    rika - DISKOMINFO

Langkat, (Diskominfo)

Bupati Langkat Terbit Rencana PA bersama Ketua TP PKK Langkat Ny Tiorita Terbit Rencana menghadiri sekaligus membuka, acara pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke XVI (16),  serta peringatan Hari Kesatuan Gerak (HGK) PKK ke 47 Kabupaten Langkat, di Lapangan Sepak Bola Kecamatan Kuala, Langkat, Selasa (2/7/2019).

Bupati Langkat pada bimbingan dan arahannya, menjelaskan, bahwa tema pada kegiatan ini yaitu, dengan BBGRM kita daya gunakan  peran lembaga kemasyarakatan Desa sebagai mitra pemerintah Desa.  Harapan penting dalam tema tersebut, agar dapat mendorong peran serta lembaga kemasyarakatan Desa, sebagai mitra pemerintah Desa.

“Dalam upaya menggelorakan, mengembangkan dan melestarikan semangat dan kegiatan gotong royong,  yang memang merupakan ciri khas dan jati diri bangsa kita,”pungkasnya.

Untuk itu, Bupati mengharapkan kegiatan ini benar –benar dapat menjadi momen bagi kebangkitan seluruh lembaga kemasyarakat Desa dan Kelurahan, guna meningkatkan peran dan fungsinya dalam rangka memberhasilkan program - program pembangunan daerah.

Selanjutnya, Bupati menerangkan, sesuai Permendagri No 42 Tahun 2005 tentang pedoman penyelanggaraan BBGRM, maka pada tahun ini pencanangan BBGRM dipadukan dengan peringatan HGK PKK.

“Semoga PKK Langkat  terus mampu menjalankan fungsinya dengan  menggerakan 3 pilar utama pembangunan bangsa, yakni pendidikan , kesejahteraan masyarakat dan perekonomian,”sebutnya.

Ketua TP PKK Langkat, dikesempatan sama, menyampaikan sambutan dari ketua umum TP PKK pusat dr Erni Guntarti Tjahjo Kumolo, bahwa tema HGK tahun ini adalah tingkatkan kinerja pemerintah. Atas dasar tema itu dirinya mengajak seluruh jajaran TP PKK, untuk memberikan bimbingan, pembinaan dan fasilitas yang berkelanjutan pada kader-kader PKK, termasuk kader Dasawisma.

“Karena merekalah  terletak fungsi kenerja dan program PKK yang sesungguhnya, guna tetap selaras dengan program pemerintahan,”terangnya.

Selain itu, guna menyelaraskannya, Ny Tiorita juga menyampaikan, agar  PKK harus fokus terhadap dua hal pokok, yaitu pertama tingkatkan fungsi kerja dengan bakti nyata dan karya nyata serta bekerja tanpa pamrih, kedua tingkatkan daya kratifitas dan inovasi dalam pengembangan program PKK dengan kerja kasra, inisiatif dan ketekunan.

Plt Kadis PMD Langkat Musti, pada laporannya, menerangkan, dasar pelaksanaan kegiatan ini Permendagri No 42 Tahun 2005 dan SK Bupati Langkat No:411.4-06/SK/019 tanggal 18 februari 2019, tentang pembentukan panitia pelaksanaan kegiatan BBGRM Kabupaten Langkat tahun 2019.

Musti juga mengatakan, sebagai apresiasi dan penghargaan  Pemda terhadap upaya pembangunan yang dilakukan Desa dan masyarakat. Pemkab Langkat beserta TP PKK Langkat  telah melaksanakan berbagai perlombaan  dan penilaian kepada Desa dan pelaku – pelaku pembangunan.

Diantaranya lomba Desa terbaik, lomba BBGRM terbaik tahun 2019, pelaksanaan IVA test , pelaksanaan usaha peningkatan pendapatan UP2K-PKK, pelaksanaan Hatinya PKK dan lain sebagainya.

“Dengan terlaksananya ini semua, kami sangat mengucapkan ribuan terima kasih kepada Bupati dan ketua TP PKK Langkat atas dukungan dan bimbingannya, serta kami juga berterima kasih kepada semua pihak yang juga ikut membantu hingga acara ini berjalan sukses,”sebutnya.

Acara tersebut juga diisi dengan penyerahan hadiah kepada pemenang lomba, yang langsung diberikan oleh Bupati dan ketua TP PKK Langkat. Serta penandatanganan prasasti pembangunan jalan Kel Bela Rakyat Kec Kuala dari swadaya murni masyarakat, oleh Bupati Langkat.

Turut hadir unsur Forkopimda Langkat, Sekdakab Langkat dr H Indra Salahudin bersama kepala OPD dijajaran Pemkab Langkat, ketua DPRD Langkat beserta anggota, para komandan satuan TNI/Polri, Wakil Ketua TP PKK Langkat dan pengurusnya, Ketua DWP Langkat dan pengurusnya, Camat se Langkat, para Ormas dan OKP se Langkat,  para Kades/Lurah, BPD, LPMD dan LMPK, unsur Forkopim Kec Kuala, masyarakat dan undangan lainnya.