Pemkab Langkat Gelar Sosialisasi Percepatan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi “Guna Mantapkan Komitmen Dan Visi Misi Bupati Dan Wakil Bupati Langkat”
08 Agustus 2019 - 12:00:30 WIB,    rika - DISKOMINFO

Stabat, (Diskominfo)

Bupati Langkat Terbit Rencana PA melalui Sekdakab Langkat dr H Indra Salahudin membuka sosialisasi percepatan pelaksanaan reformasi birokrasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Langkat, di Ruang Pola Kantor Bupati Langkat, Stabat, belum lama ini.

Turut hadir Kabag Keuangan Biro Manajemen  Kinerja Menpan RB, Akik dan Kabag Organisasi Tata Laksana Provsu, Yajij Matondang dan Kasubag Tata Laksana Biro Organisasi  Provsu, ketiganya sebagai nara sumber. Serta para pimpinan OPD dan pejabat administrasi Pemkab Langkat, para peserta sosialisasi dan undangan lainnya.

Sekda pada sambutanya, menerangkan, saat ini reformasi birokrasi di pemerintahan merupakan suatu keharusan dan kebutuhan, dalam rangka mewujudkan birokrasi pemerintahan daerah yang bersih dan akuntabel, efektif serta untuk memantapkan komitmen dan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Langkat.

“Sebab reformasi birokrasi hakikatnya, upaya untuk melakukan pembaharuan dan perubahan mendasar, terhadap sistem penyelengaraan pemerintahan,  agar lebih berdaya guna dan berhasil guna, dalam mengemban tugas pemerintahan dan pembangunan,”jelasnya.

Untuk itu, kata Sekda, kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan, agar pemerintah daerah bersiap melakukan managemen perubahan, baik perubahan yang menyangkut mental aparatur maupun perubahan kelembagaan.

“Karena nantinya, aparatur yang diharapkan adalah aparatur yang bermental melayani serta memiliki SDM yang cakap, dalam menyelesaikan tugas pokok fungsi yang diembannya,”sebutnya.

Oleh karena itu, Sekda meminta kepada semua pimpinan perangkat daerah dan jajarannya, setelah mengikuti sosialisasi ini,  untuk segera melakukan pembenahan, dengan  mengambil langkah – langkah yang diharapkan bagi tumbuhnya mental aparatur yang melayani, taat kepada aturan dan bekerja secara efektif efisien.

“Sedangkan kepada seluruh perserta sosialisasi, saya harapkan dapat mengikuti agenda ini dengan sungguh – sungguh,  agar memberi manfaat bagi kemajuan pelaksanaan reformasi birokrasi di negri bertuah ini,”ujarnya.

Kabag Orta Setdakab Langkat, Tawar Malem Sembiring, pada laporannya,  kegiatan ini dilaksanakan mulai 17 sampai 19 juli 2019 di Ruang Pola,  dengan materi Bimtek yaitu paparan reformasi, penyusunan Road Mad reformasi birokrasi, penilaian reformasi birokrasi dan lembaran kerja evaluasi reformasi birokrasi.

“Untuk  peserta kegiatan dari Dinas/Badan/Kantor 29 orang, Kecamatan 23 orang, RSUD Tajung Pura 1 orang dan dari Bagian – Bagian 6 orang, dengan total peserta 59 orang,”paparnya.

Kegiatan sosialisasi ini, sebut Kabag Orta, dilaksanakan  sesuai dengan keputusan Bupati Langkat No: 061.05-10/K/2019 tentang pembentukan tim sosialisasi percepatan pelaksanaan reformasi di lingkungan Pemkab Langkat. Serta berdasarkan Peraturan Presiden No: 81 tahun 2010, tentang gambaran rencana tindak lanjut reformasi birokrasi tahun 2010– 2025, dimana pelaksanaan reformasi birokrasi di Indonesia dibagi ke dalam tiga tahap, yaitu tahap satu di tahun 2010 – 2014, tahap dua tahun 2015 – 2019, dan tahap ketiga tahun 2020 – 2025.

“Tujuannya untuk menciptakan pemerintah yang professional dan berintergritas tinggi, yang mampu meyelnggarakan pelayanan prima kepada masyarakat dan manajemen pemerintah yang demokratis. Sehingga mampu menghadapi tantangan melalui tata kelola pemerintahan yang baik,”pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut, Sekda memberikan tas kepada peserta, sebagai tanda telah dibukannya sosialisasi tersebut.