Bupati Dan Wakil Bupati Langkat Hadiri Peringatan BBH Ke 72
13 Agustus 2019 - 13:57:55 WIB,    rika - DISKOMINFO

Langkat, (Diskominfo)

Bupati Langkat Bapak Terbit Rencana Perangin Angin didampingi Wakil Bupati Langkat Bapak H. Syah Afandin, SH., menghadiri peringatan Berandan Bumi Hangus (BBH) ke 72 tahun 2019, di Kec. Babalan. Turut hadir Unsur Forkopimda, Sekdakab dan Pejabat Pemkab. Langkat, Manager Area PT. Pertamina (Persero) RU II cabang Dumai Pangkalan Brandan beserta Unsur Staf, Ketua Legiun Veteran RI dan Ketua dewan harian cabang angkatan 45, Tokoh agama, Pemuka masyarakat, Ketua KNPI beserta seluruh organisasi kepemudaan Langkat, Para pelajar dan peserta karnaval serta masyarakat Langkat.

Bupati Langkat pada sambutannya, menjelaskan, peristiwa BBH ini kebanggaan bagi masyarakat Langkat, sebab membuktikan daerah ini pernah mencatatkan diri dalam tinta emas lembaran sejarah perjuangan bangsa, dengan turut andil bagi tegaknya semangat mempertahankan kemerdekaan. Sesuai dengan tema yang dipilih tahun ini, Berandan Bumi Hangus kesetiaan kepada bangsa.

Peristiwa perjuangan itu terjadi, pada 13 Agustus 1947, dengan menelan banyak korban, baik korban harta benda maupun korban nyawa, demi mewujudkan satu tekad yaitu merdeka atau dijajah. Semangat pantang menyerah tersebut, bukti kegigihan para pejuang, demi mempertahankan harga diri bangsa serta kerelaan sikap berkorban. Hal ini merupakan cerminan yang harus terus digelorakan dari waktu ke waktu, dalam denyut perjalanan kehidupan generasi bangsa. Untuk itu, mari kita bersama melanjutkan cita-cita perjuangan para pendahulu kita, dengan mengisi keseharian aktivitas, tugas dan tanggung jawab kita, sesuai peran dan fungsi masing masing, dengan kesungguhan dan kejujuran serta rasa tanggung jawab.

Selanjutnya, Bupati Langkat, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, anak genarasi muda khususnya yang telah menyemarakan rangkaian kegiatan ini. Serta kepada tokoh masyarakat Berandan yang mempelopori lahirnya Perda No. 8 tahun 1995 tentang BBH, diantaranya Almarhum Bapak H. Hasan Perak, Bapak H. Syamsul Arifin, Bapak H. Syarifuddin Basyir,  Almarhum Bapak H. Ishak Tumengkol, Bapak H. Yan Syahrin, Bapak H. Zainal Aka serta lainnya.

Bupati Langkat mengucapkan terimkasih juga kepada Menejer Pertamina R.U II Dumai Pangkalan Berandan, yang telah mempersiapkan lokasi dan sarana prasarananya bagi suksesnya acara ini.

Peringatan BBH tersebut, juga disemarakan dengan penampilan karnaval oleh pelajar tingkat SD, SLTP dan SLTA yang diikuti oleh ratusan grub dengan jumlah peserta ribuan orang, pemberian santunan dan cendramata kepada veteran pejuang dan penyerahana cendramata kepada tokoh dan keluarga yang memprakasai terwujudnya perda peringatan BBH ini. (13/08/2019)