Pemkab Langkat Launching Aplikasi E-Kulthum
20 Agustus 2019 - 17:44:57 WIB,    rika - DISKOMINFO

Stabat, (Diskominfo)

Bupati Langkat Terbit Rencana PA melalui Asisten I Pemerintahan Abdul Karim meresmikan launching aplikasi e-Kulthum  ( Layanan Konsultasi Hukum) kepada aparatur pemerintahan Kabupaten Langkat, secara online melalui website, di Ruang Pola Kantor Bupati Langkat, Selasa (20/8/2019).

Asisten I pada arahan teks tertulis Bupati Langkat, menjelaskan, bahwa Pemkab Langkat melalui Bagian Hukum Setdakab Langkat melakukan inovasi aplikasi elektronik konsultasi hukum atau e-Kulthum,  yang dapat diakses melalui kulthum.langkatkab.go.id, guna meningkatkan layanan konsultasi hukum kepada aparatur pemerintahan.

Harapannya, kata Asisten I, dengan aplikasi ini, bagian hukum  dapat memberikan kontribusi sebaik mungkin, agar setiap keputusan atau tindakan yang dilakukan aparatur Pemkab Langkat tidak menimbulkan permasalahan hukum, yang mengarah kepada pidana.

“Saya berharap  dimasa yang akan datang, aplikasi ini terus berkembang, sehingga  kemanfaatannya juga dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat  Langkat, yang membutuhkan layanan konsultasi di bidang hukum,”sebutnya.

Tujuan Aplikasi ini, sambung Abdul Karim, agar para kepala OPD  dalam menjalankan tugas, baik yang berkaitan dengan pengelolaan anggaran, maupun dalam memproses penerbitan suatu keputusan atau tindakan administrasi,  terus dapat  berjalan dengan ketentuan perundang – undangan  dan asas– asas pemerintahan secara baik.

Sebagai mana telah diatur dalam pasal 10 ayat (1) UU No 30  tetang adminisrasi pemerintahan, bahwa asas-asas umum pemerintahan yang baik meliputi asas kepastian hukum, kemanfaatan, ketidak berpihakan, kecermatan, tidak menyalagunakan kewenangan, keterbukaan, kepentingan umum dan pelayanan yang baik.

Kabag Hukum Setdakab Langkat, Alimat Tarigan, pada laporannya, dasar pelaksanaan kegiatan ini berdasarkan peraturan Bupati Langkat No 29 tahun 2019 tetang mekanisme layanan konsultasi hukum kepada aparatur. Keputusan Bupati Langkat No: 180.05-40/K/2019 dan No:180.05-04/K/2019,  tentang pembentukan tim efektif peningkatan layanan konsultasi hukum dan pembentukan tim pengelola layanan konsultasi hukum kepada aparatur dijajaran Pemkab Langkat.

Serta berdasarkan dukungan Bupati Langkat No:711/SP/HUK/2019 tanggal 9 juli 2019, tentang dukungan atas kegiatan proyek perubahan dengan judul, peningkatan layanan konsultasi hukum kepada aparatur Pemkab Langkat dengan perbaikan tata kelola serta pemanfaatan sistem informasi teknologi berbasis aplikasi website (e-Kulthum)

Untuk peserta yang hadir, sebut Alimat,  pada launching ini kurang lebih sebanyak 68 orang, terdiri dari para Asisten dan Staf Ahli Bupati Langkat, para kepada PD dan Camat se Langkat, para Kabag Setdakab Langkat dan Direktur RSU Tanjung Pura.