Peringati HKN Ke 55 Tahun 2019, Bupati: Mari Tingkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat Langkat
12 November 2019 - 16:28:48 WIB,    rika - DISKOMINFO

Stabat, (Diskominfo)

Bupati Langkat Terbit Rencana PA melalui Wabup H. Syah Afandin menghadiri peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 55 Kabupaten Langkat tahun 2019,  bertema " Generasi Sehat Indonesia Unggul, bertempat di Ex Akper/Akbid Pemkab Langkat, Stabat, Selasa (12/11/2019).

Wabup pada sambutannya mengajak, untuk menjadikan momentum HKN ini semangat untuk terus berupaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya. Sebab titik berat arah pembangunan kesehatan Langkat, peningkatan kualitas derajat kesehatan masyarakat. Melalui peningkatan pelayanan kesehatan yang murah, mudah diakses oleh semua lapisan masyarakat.

“Terutama kepada masyarakat kurang mampu,”sebutnya.

Pembangunan kesehatan itu, sambung Wabup,  juga untuk  mendukung  salah satu prioritas Presiden RI, yakni  pembangunan SDM untuk mewujudkan generasi sehat agar Indonesia unggul. Pembangunannya dengan berpilar kepada paradigma sehat, penguatan akses pelayanan kesehatan dan penyediaan jaminan kesehatan.

Karena, sebut Wabup, untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat, memerlukan  inovasi mengingat era semakin modren, dinamis dan cepat berubah sehingga tantangan dan masalah yang dihadapi juga semakin rumit.

Sebab itulah, terang Wabup, pemerintah daerah, dunia usaha, akademis dan praktisi, semuanya harus ambil bagian untuk mendukung pembangunan kesehatan masyarakat.  Agar masyarakat semakin mengerti  pentingnya perilaku dan lingkungan sehat, serta melakukan gerakan hidup sehat, baik di keluarga, tempat kerja, tempat – tempat umum dan fasilitas lainnya.

“Intinya berupaya melembagakan Gerakan Masyarakat Hidup SEHAT (Germas), agar peningkatan kesehatan benar-benar terwujud,”ujarnya.

Sembari menyampaikan penghargaan dan penghormatan  kepada para insan kesehatan di Langkat, yang telah bahu membahu  berjuang tanpa mengenal lelah untuk melaksanakan pembangunan kesehatan masyarakat.

Sementara, Kadis Kesehatan Langkat dr. Sadikun Winato, menerangkan, hakekat pembangunan kesehatan tersebut, sesuai dengan visi Pemkab Langkat yakni menjadikan Langkat maju, sejahtera dan religius melalui pengembangan pariwisata dan infrastruktur yang berkelanjutan.

Namun, kata dr. Sadikun, Dinkes lebih fokus  kepada misi kedua, yakni peningkatan derajat kesehatan masyarakat dengan pemberdayaan masyarakat, perlindungan kesehatan masyarakat, dengan upaya kesehatan yang bermutu, ketersediaan dan  pemerataan sumber daya kesehatan serta terciptanya tata kelola pelayanan kesehatan yang baik.

“Agar terwujudnya masyarakat Langkat yang sehat dan berkeadilan,”ungkapnya.

Dikesempatan tersebut, Wabup juga menyerahkan penghargaan dalam bidang kesehatan dalam rangka peringatan HKN kepada 9 orang . Serta penyerahan cendramata kepada PNS Purna Bakti dan  hadiah lomba senam Lansia dan Balita Sehat kepada 18 orang.

Turut hadir unsur Forkopimda, para pejabat Pemkab Langkat, ketua dan wakil ketua PKK Langkat, pimpinan Bank Sumut, BPJS cabang Medan, keluarga besar insan kesehatan se Langkat dan undangan lainnya.