Pematang Jaya, Lolos Tahapan Final Kecamatan Terbaik Tingkat Provsu
27 November 2019 - 17:00:53 WIB,    rika - DISKOMINFO

Stabat, (Diskominfo)

Kecamatan Pematang Jaya Kabupaten Langkat, lolos dalam tahapan penilaian final Kecamatan terbaik tingkat Provinsi Sumatera Utara.

Sehingga tim penilaian dan pembinaan Kecamatan terbaik Pemprovsu Tahun Anggaran (TA) 2019, kembali berkunjung ke Langkat melakukan penilaian.

Kunjungnya, disambut Bupati Langkat Terbit Rencana PA melalui Wabup H. Syah Afandin, di Ruang Pola Kantor Bupati Langkat, Stabat, Rabu (27/11/19).

Rombongan  tim penilaian dipimpin oleh H. Afifi Lubis  selaku Kabiro Pemerintah Setdaprovsu, didampingi oleh Kadis PMD Provsu H. Asfan Sofian  dan Kabiro Otonomi Daerah dan Kerjasama Setdaprovsu Basarin Yunus Tanjung serta tujuh anggota lainnya.

Wabup mengatakan pada sambutannya, meski telah sampai dipenilaian final, namun tetap saja  masih ada kekurangan yang harus dibenahi. Maka saran dan masukan sangat diharapkan dari tim penilai dan pembina Kecamatan Pemprovsu, agar Pematang Jaya semakin baik.

“Kami yakin,  Kecamatan Pematang Jaya dibawah pimpinan Camat Ahmad Fitria, jika diberi amanah yang lebih tinggi, tidak akan mengecewakan Provinsi Sumatera Utara,”pungkasnya dengan yakin.

Sebab Wabup meyakini, Camat Pematang merupakan salah seorang sosok ASN terbaik yang  dimiliki Pemkab Langkat saat ini. Buktinya,  mampu membawah Pematang Jaya pada posisi penilaian ini.

Jelasnya, tegas Wabup, masuk dalam penilaian ini merupakan tantangan untuk lebih membuktikan kesungguhan Pemkab Langkat, khususnya Kecamatan Pematang Jaya dalam melayani masyarakat.

“Insya Allah Pematang Jaya mendapatkan hasil akhir yang terbaik,”harapnya.

 Sementara, H. Afifi Lubis menjelaskan, kunjunganya ini untuk melakukan penilaian, yang hasilnya akan diserahkan kepada Gubsu melalui Sekdaprovsu. Ia juga mengatakan, jika Pematang Jaya meraih nilai tertinggi, maka akan menjadi Kecamatan terbaik tingkat Provsu dan mewakili Provsu ke ajang tingkat nasional.

“Mari tingkatkan lagi semua aspek yang menjadi penilaian. semoga tercapai,  sebagai hadiah kerja keras,”ujarnya.

Selanjutnya, Camat Pematang Jaya, pada exsposenya, menjelaskan prestasi yang selama ini dicapai hingga pihaknya meraih kecamatan terbaik tingkat Kabupaten.

Pertama Kecamatan pertama di Indonesia dan satu-satunya yang melaksanakan program pengembangan literasi secara kolosal dan berkesinambungan (Formalindo)

Kedua, Kecamatan pertama dan satu-satunya di Sumatera Utara yang berinovasi dan memiliki aplikasi dalam  program cegah dini kanker serviks ; IVA Test ( TP PKK Propsu )

Ketiga, Kecamatan pertama dan satu-satunya di Kabupaten Langkat yang memiliki BUMDES Bersama (Dinas PMD Kab. Langkat)

Keempat, Kecamatan pertama di Kabupaten Langkat yang meraih over Target PBB sebelum jatuh tempo tahun 2019 ini dan berturut-turut tanpa henti selama 11 tahun terakhir (Bapenda Langkat)

Kelima, Kecamatan satu-satunya di Kabupaten Langkat yang melakukan penambahan modsl dan tetap mengembangkan Dana Bergulir pada Kelompok Simpan Pinjam Usaha Perempuan  ( Dinas PMD ).

Keeman, Kecamatan pertama yang akan mempunyai gedung kantor bersama BKAD, UPK dan Bumdes Bersama.

Ketujuh, Kecamatan pertama di Kabupaten Langkat yang ikut dan menjadi nominasi dalam Lomba Inovasi dari Kemenpan RB dan menjadi satu-satunya kecamatan yang lolos tahap seleksi (Bagian Organisasi).

Kedelapan, Kecamatan satu-satunya di Sumatera Utara  yang mengirimkan stafnya Tugas Belajar Program Doktoral di ITB Bandung (BKD).

Kesembilan, Salah satu kecamatan wilayah pesisir Langkat yang tidak tercatat kasus Stunting (Dinas Kesehatan).

Untuk program unggulan Kecamatannya, terang Ahmad, yakni   pertama, TIPUTAR (Sistem Jemput Antar) yaitu membantu masyarakat yang membutuhkan pelayanan admistrasi di Desa dan Kecamatan.

Kedua, Festival Literasi, tujuanya untuk membantu meningkatkan minat baca dan menambah pengetahuan masyarakat dan Pelajar  Pematang Jaya.

Ketiga,  Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA TES) yaitu program kerjasama antar TP. PKK Kecamatan dengan Puskesmas Pematang Jaya, untuk memberikan penyuluhan tentang penanggulangan Kanker Leher Rahim dan masalah kesehatan lainnya.

“Melalui pendekatan pelayanan Masyarakat dengan cara kegiatan yang bersifat Promotif ( Sosialisasi) dan Prefentif ( Pencegahan),”ungkapnya.

Dikesempatan itu, juga dilaksanakan penandatangan MoU antara Bank Sumut cabang Stabat dengan BUMDes bersama sehati dan UPK Kecamatan Pematang Jaya disaksikan Wabup dan tim penilaian.

Turut hadir Asisten I Pemerintahan Abdul Karim dan para kepala OPD Pemkab Langkat, pimpinan Ormas Keagamaan/Pemuda dan Kewanitaan Pematang Jaya, unsur Forkopim Kecamatan dan Kades/Lurah beserta komponen  masyarakat Pematang Jaya serta undangan lainnya.