Gelar Hari Cuci Tangan Se Dunia Tingkat Provsu, Di SD Negeri Tapak Kuda
03 Desember 2019 - 17:00:01 WIB,    rika - DISKOMINFO

Langkat, (Diskominfo)

Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS)  se dunia tingkat Provinsi Sumatera Utara (Provsu) dilaksanakan di SD Negeri 057222 Desa Tapak Kuda Kecamatan Tanjung Pura Kabupaten Langkat, Selasa (3/12/19).

Langsung dihadiri ketua dan wakil ketua TP PKK Provsu Ny Hj. Nawal Edi Rahmayadi dan Ny Hj. Sri Ayu Mihari Musa Rajeksah beserta rombongan. Disambut ketua dan wakil ketua TP PKK Langkat Ny.Tiorita Terbit Rencana PA dan  Ny. Endang Syah Afandin serta rombongan.

 Hj. Nawal pada sambutannya, mengajak  semua pihak  menyelenggarakan pembangunan  kesehatan untuk mewujudkan masyarakat  yang sehat, mandiri dan bermartabat.

Memulainya, dengan mencuci tangan dengan baik dan benar, sebab CTPS   merupakan cara paling sederhana  untuk menjaga kesehatan.

“Mencuci tangan pakai sabun sangatlah penting,  sebab tangan perantara  berbagai kuman dan virus masuk kedalam tubuh,”terangnya.

Maka kebiasaan mencuci tangan, sambung Hj. Nawal,  dapat mencegah penyakit  yang disebabkan  kuman dan virus  seperti diare, flu, gangguan pernapasan dan cacingan.  Mencucinya, dapat menggunakan segala jenis sabun, baik sabun  mandi biasa, anti septik maupun cair.

Adapun cara mencuci tangan dengan baik, terang Hj.Nawal,  harus menggunakan air mengalir,  untuk lamanya mencuci tangan 40 sampai 60 detik,  lalu basuh tangan seluruhnya dan memakai sabun secukupnya,  gosok  dengan benar semua bagian tangan dan jari minimal 20 detik, terakhir bilas tangan dengan air mengalir dan keringkan tangan dengan handuk bersih.  

Sementara, Ny. Tiorita  mengakui kunjungan ketua dan wakil ketua dan rombongan TP PKK Provsu ke Langkat merupakan kehormatan. 

Serta mengucapkan terima kasih, atas pengetahuan yang diberikan, tentang pentingnya menjaga kesehatan dengan selalu berprilaku hidup bersih, yang di awali dengan cuci tangan pakai sabun. 

"Semoga kegiatan ini memberikan motivasi bagi kami, khususnya bagi pelajar. dan kiranya pertemuan  pada hari ini membawa keberkahan dan kebaikan untuk kita semua," sebutnya

Sedangkan, Kepala Sekolah SD N 057222, Jojor Simatupang mengucapkan ribuan terima kasih, atas dipilih SD nya sebagai lokasi untuk acara  CAPE tingkat Provsu. Hal ini, diyakininya akan menambah popularitas serta kemajuan SD yang dipimpinnya.

Turut hadir Kadis Kesehatan Provsu dr. Alwi Mujahid Hasibuan, ketua DWP Langkat Ny. Indra Salahuddin, pengurus PKK Langkat, Plt Kadis Kesehatan Langkat, Kadis Pendidikan Langkat,Kadis KBPP Langkat, Camat Tanjung Pura beserta jajaran, Ketua TP.PKk Kec Tanjung Pura serta pengurus, Kades Tapak Kuda dan aparatur Desa, unsur Forkopim Kecamatan Tanjung Pura, tokoh masyarakat/agama dan pemuda serta masyarakat sekitar.