Polres Langkat Peringati HUT Satpam Ke 39
22 Januari 2020 - 14:04:19 WIB,    rika - DISKOMINFO

Stabat, (Diskominfo)

Bupati Langkat Terbit Rencana PA melalui Asisten I Pemerintahan Abdul Karim, menghadiri apel khusus dalam rangka memperingati hari kelahiran Satuan Pengamanan (Satpam) ke-39 tahun 2019. 
 
Digelar oleh Kepolisian Resot Langkat, di halaman Jananuraga Mapolres Langkat, Rabu (22/1/2020).
 
Dirgahayu Satpam ke-39 ini, bertemakan Satuan pengaman berbasis kompetensi mewujudkan SDM unggul untuk terciptanya situasi kamtibmas yang kondusif dan terjaminnya keamanan dilingkungan kerja menuju Indonesia maju.
 
Kapolres Langkat AKBP Doddy Hermawan selaku pembina upacara membacakan amanat tertulis Kapolri Jendral Polisi M Idham Azis. Mengatakan, selaku pimpinan Polri, dengan rasa bangga mengucapkan selamat HUT ke-39 kepada seluruh anggota Satpam di mana pun bertugas. 
 
"Semoga Satpam senantiasa profesional dalam bertugas dan eksistensinya semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, " harapnya. 
 
Selain itu, Kapolres juga memberikan apresiasi kepada seluruh anggota Satpam, pimpinan Badan Usaha Jasa Pengamanan, pengurus Asosiasi Jasa Pengamanan, serta segenap Stakeholders terkait lainnya, atas kerja sama sinergis dalam memelihara stabilitas Kamtibmas yang kondusif. 
 
"Semoga sinergisitas ini senantiasa terpelihara dengan baik dan terus ditingkatkan, " sebutnya. 
 
Dalam momentum yang penuh kehormatan ini, Kapolres mengajak, marilah kita sejenak mengenang dan mendoakan Kapolri ke-8, sekaligus Bapak Satpam Indonesia, Almarhum Jenderal Polisi (Purn) Prof. Dr. Awaloedin Djamin, M.P.A., yang telah berjasa besar dalam membentuk, mengembangkan, dan memajukan Satpam sebagai sebuah profesi yang luhur dan mulia,"ungkapnya.
 
Semoga kita sebagai generasi penerus dapat senantiasa meneladani pengabdian, perjuangan, dan prestasi Beliau dalam setiap pelaksanaan tugas, "tambahnya.
 
Sembari menjelaskan, bahwa dalam pelaksanaan tugas di lapangan, Satpam merupakan salah satu mitra utama Polri dalam pemeliharaan Kamtibmas. Oleh karena itu, setiap anggota Satpam harus memiliki kualifikasi dan kemampuan yang optimal dalam penanganan gangguan keamanan di lingkungan kerjanya.
 
Disela kegiatan tersebut, Asisten I juga mengucapkan terima kasih atas pengabdian Satpam. Ia juga sangat setuju dengan yang dikatakan Kapolri melalui amanatnya, bahwa semala ini Satpam juga berkontribusi besar mendukung program prioritas pemerintah, khususnya dalam hal memberikan jaminan keamanan terhadap upaya transformasi ekonomi, yaitu peningkatan investasi dan cipta lapangan kerja yang kondusif. 
 
"Jadi benar, bahwa profesi Satpam memiliki peran strategis guna mendorong kemajuan bangsa dan kesejahteraan masyarakat,"sebutnya menyepakati amanat Kapolri. 
 
Apel berlangsung dengan penuh khidmat dipenghujung pelaksanaan apel perwakilan beberapa anggota Satpam mengelar atraksi tongkat dan borgol, dalam  upaya melumpuhkan pelaku kejahatan, dan penyerahan tropy serta piagam penghargaan kepada pemenang atraksi ketangkasan satpam.