Polres Langkat Gelar Apel Penanggulangan Bencana
24 Januari 2020 - 19:00:24 WIB,    Rika - DISKOMINFO

Stabat, (Diskominfo)

Polres Langkat menggelar apel kesiap siagaan penanggulangan bencana alam tahun 2020, bertempat di Alun – Alun T Amir Hamzah Stabat, Langkat, Jum’at (24/1/2020).

Apel dipimpin Kapolres Langkat AKBP Doddy Hermawan, untuk peserta apel  jajaran Polres Langkat, POM Pangkalan Brandan, Kodim 0203/Langkat, Yon Marinir 8 Tangkah Lagan, Airud, Polsek sejajaran Polres Langkat, Basarnas, BPBD, Dinsos, Dinkes Dinas PUPR, Dishub, Satpol PP dan PMI.

Kapolres pada amanatnya, menjelaskan,  apel ini  bertujuan untuk melihat sejauh mana kesiapan kita dalam menangani bencana alam, bila terjadi diwilayah Langkat. Baik dalam pelibatan personil, koordinasi antar instansi,  kesiapan sarana dan prasarana serta cara bertindak di lapangan.

Selanjutnya, Kapolres menyampaikan tujuh penekanan dalam upaya penanggulangan bencana.

Pertama, pahami, kuasai dan kerjakan dengan sungguh – sungguh sesuai prosedur. Kedua, personil yang ditunjuk  agar menyiapkan diri dan selalu siaga. Ketiga, bila ada panggilan darurat, para personil  untuk dapat segera berkumpul dan siap untuk ditugaskan. Keempat,  siapkan fisik dan mental yang prima, jalin komunikasi  serta jaga kekompakan sesama instansi atau petugas penanganan bencana alam. Kelima, lakukan pengecekan secara rutin terhadap sarana dan prasarana yang digunakan. Keenam, selalu berkordinasi  dengan Pemda dalam hal pendirian posko bencana. Ketujuh, jangan mengambil keuntungan  pribadi yang dapat mencemarkan nama baik institusi dan perorangan.

Penekanan itu, kata Kapolres, karena penanggulangan kejadian bencana alam bersifat operasi kemanusiaan,  jadi tidak akan mampu ditangani sendiri-sendiri,  jadi membutuhkan kordinasi, kerjasama dan keterpaduan  dengan stakeholder, sehingga  pelaksanaan dilapangan tidak terjadi tumpeng tindih.

“Tujuannya untuk  ditangani dengan baik, terutama  korban bencana dapat segera tertolong dan mendapatkan penanganan dengan baik,” tegasnya.

Turut hadir, Sekdakab Langkat dr. H.Indra salahudin, unsur Forkopimda, perwakilan Basarnas Provsu, ketua DPRD Langkat, Dandim 0203/Langkat,  kepala BNN, ketua MUI, kepala BPBD Langkat, ketua PWI dan undangan lainnya.