PERINGATAN BERANDAN BUMI HANGUS KE - 68 BERLANGSUNG MERIAH
13 Agustus 2015 - 00:00:00 WIB,    hendra - DISKOMINFO

Berandan,  (PDE)

Peringatan Berandan Bumi Hangus (BBH) ke-68 yang dipusatkan di lapangan Petrolia Pertamina P. Berandan,Kamis (13/8), berlangsung meriah. Terbukti, masyarakat bersama pelajar dan organisasi kemasyarakatan membanjiri lapangan tempat peringatan hari bersejarah tersebut.

 

Selain itu, Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu SH dan Wabup H. Sulistianto dan unsur Forkopimda lainnya seperti Ketua DPRD Langkat Terbit #--more--#Rencana juga hadir langsung memeriahkan acara tersebut bersama warga masyarakat lainnya.

 

Terlebih saat sejumlah kelompak napak tilas yang terdiri dari para pelajar, unsur TNI/Polri dan masyarakat lainnya unjuk gigi dalam pawai karnaval, tampak, mereka sangat bersemangat mengikuti kegiatan tersebut.

 

Bupati Langkat H. Nggesa saat memberi sambutan merasa bangga dengan antusias seluruh masyarakat, menurutnya, jiwa patrotisme para pejuang dalam mempertahankan pangkalan minyak milik NKRI pada saat itu, masih melekat hingga kini.

 

Disamping itu, Ngogesa juga mengingatkan kepada seluruh masyarakat, bahwa mempertahankan harga diri bangsa adalah sebuah kehormatan, untuk itu, dibutuhkan pengorbanan dalam mendapatkannya.

 

"Karenanya, tetaplah kenang mereka (Pejuang) dengan sebuah peringatan yang terus selalu kita lakukan sampai kapanpun" ujar Ngogesa.

 

Menyinggung tentang kaitan peristiwa bersejarah BBH yang terjadi 68 tahun silam dengan fenomena saat ini, Ngogesa berpesan agar peristiwa tersebut menjadi perhatian, sekarang, saatnya kita buktikan kepada para pejuang dahulu, bahwa mereka tidak sia-sia akan perjuangan mereka, dan tunjukkan bahwa kita layak menjadi penerus bangsa yang bisa mengharumkan nama bangsa dan Negara.

 

"Berikan karya, kreasi untuk kemajuan NKRI, khususnya kemajuan Langkat" kata Ngogesa mengingatkan generasi muda yang hadir.

 

Peringatan tersebut juga dirangkaikan dengan berbagai acara yakni Ziarah ke makam pahlawan di Pangkalan Berandan, Napak Tilas yang sudah dilaksanakan 1 hari sebelumnya, pemberian cendera mata kepada tokoh yang memprakarsai terwujudnya peristiwa BBH, dan pemberian santunan kepada keluarga para veteran juang, diantaranya Ibunda Hj.Fadlah (keluarga H.Hasan Basri Perak), Hj Maiyar (Keluarga H.Ishak Tumengkol), H.Syaifudin Basyir (Keluarga Hj.Delima Nst), Drs. H. Sukyar Mulianto (Keluarga Hj. Rogayah).  (Humas/Informasi)