Menjadi Skema Desa Binaan USU, Sei Bingai Penopang Ketersedian Lumbung Pangan Langkat
08 Agustus 2020 - 21:00:09 WIB,    Rika - DISKOMINFO

Langkat, (Diskominfo)

Kecamatan Sei Bingai Kabupaten Langkat,  menjadi penopang  kuat bagi  ketersedian lumbung pangan di Langkat, khususnya padi.  Serta sebagai kawasan  wisata,  yakni Pangkal Namu Sira – Sira dan sejumlah objek wisata lainnya.

Disampaikan Sekdakab Langkat Dr.H.Indra Salahudin mewakili Bupati Langkat, pada pelaksanaan serah terima  produk hasil kegiatan Desa Binaan oleh Universitas Sumatera Utara (USU), di Jambur Bandar Meriah, Desa Pekan Sawah Kecamatan Sei Bingai Kabupaten Langkat, Sabtu (8/8/2020).

Untuk itu, Sekda atas nama Pemkab dan masyarakat Langkat , sangat memberikan respon  baik terhadap  ditunjuknya Desa ini sebagai lokasi Skema Desa Binaan oleh lembaga pengabdian dan masyarakat USU. Yakni melibatkan diri dalam upaya percepatan pembangunan   dan kesejahteraan di masyarakat , melalui kegiatan baik yang bersifat  pembinaan, pengabdian mahasisiwa, maupun sumbangsi pemikirian  serta berbagai hal lainnya.

“Kepada Civitas  Akademika USU  terimakasih, atas  ilmu yang telah dibagikan  sekaligus memberi peningkatan  pengetahuan kepada masyarakat  dengan berbagai produk hasil yang ditemukan,”sebutnya.

Untuk kedepan, sambung Sekda, pihkanya terus berharap, baik kepada dunia pendidikan dan usaha,  memberikan  kontribusi bagi pembangunan daerah ini. Khususnya ide gagasan untuk membuka  peluang usaha , agar meningkatnya kesejahteraan masyarakat.

Sementara Rektor USU prof. Runtung Sitepu, menjelasakan, hal ini sebagai salah satu perwujudan  Tri Darma perguruan tinggi yang pelaksanaanya dikoordinir oleh lembaga pengabdian kepada masyarakat  USU.

Program ini  dimaksud untuk memberdayakan masyarakat dengan memecahkan masalah yang dihadapi di pedesaan.

Sebab kemajuan pedesaan, sangat mempengaruhi  stabilitas nasional , baik  dari segi ideology, politik, ekonomi, sosial, budaya, serta pertahanan  keamanan.

“Jadi program desa binaan ini, sebagai bentuk dukungan  dan kepedulian dari USU untuk mempercepat pengembangan kawasan Desa. Selain itu, pengembangan kawasaan pedesaan  telah menjadi isu penting  dalam 5 tahun terakhir,”katanya.

 Sembari menyampaikan, kegiatan ini adalah  pelaksanaan rangkaian kegiatan akhir  program pengabdian pada masyarakat  Skema Desa Binaan, yang merupakan hasil kerjasama antara USU dan Pemkab Langkat  kususnya Pemerintah Desa  Pekab Sawah  Kecamatan Sei Bingai Langkat TA 2020.