Bupati Terima Audiensi PWI Langkat, PWI Usulkan Penyelenggaraan UKW Dan Pertemuan Bulanan
07 Januari 2021 - 20:00:52 WIB,    rika - DISKOMINFO

Langkat, (Diskominfo)

Dalam suasana yang penuh keakraban, kali ini Bupati Langkat Terbit Rencana PA bersikap lebih membaur, penuh keceriaan serta hangat, Saat menyambut audensi ketua PWI Langkat Darwis Sinulingga bersama senjumlah pengurusnya, di kediaman pribadi Bupati Langkat, Desa Raja Tengah, Kecamatan Kuala, Langkat, Kamis (7/1/2021).

Pada audensi tersebut, Darwis mengajak Bupati Langkat untuk bersinergi dalam mewujudkan visi misi Pemkab Langkat, pada tupoksi publikasi.

Yakni, mendukung penyelenggaraan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Langkat, yang akan diselenggarakan PWI Langkat, dalam waktu dekat ini ditahun 2021.

Tujuan diadakannya UKW ini, terang Darwis, untuk melahirkan insan press yang memiliki kredibilitas dan berkualitas.

"UKW juga menciptakan wartawan berintegritas. Yakni mampu bersikap adil, sehingga dapat mengemas berita dengan seimbang sesuai kode etik jurnalistik," ujarnya.
 
Jadi, sambung Darwis, wartawan yang sudah UKW, dapat menjadi kontrol sosial sesuai yang diamanatkan pada UU Press No. 40  tahun 1999.

Dengan begitu, meminimalisir bertebarannya opini negatif, sinis dan menghakimi pada pemberitaan ditengah masyarakat Langkat.

"Yakni meluruskan isu yang tidak benar, di tengah masyarakat dengan memberikan pemahaman yang baik dan mengedukasi, serta dapat meletakkan sesuatu pemberitaan sesuai tempatnya, tidak asal buat berita," cetusnya.

Jadi dari terlaksananya UKW itu, sambung Darwis, PWI akan semakin memiliki banyak anggota yang berkompetisi. Sehingga dapat mengangkat segala prestasi dan pencapaian pembangunan yang telah diraih Pemkab Langkat. Termasuk program yang masih berjalan dan belum tercapai. Agar pembangunan di Langkat terus  terkontrol dan berjalan sesuai tujuan yang disepakati bersama.

"PWI akan dapat menjadi corong informasi, antara Pemkab dan masyarakat. Sehingga masyarakat tau apa yang telah dikerjakan Pemkab dalam membangun Langkat," ujarnya.

Jadi, untuk mencapai itu semua, selain pelaksanaan UKW, Darwis mengusulkan kepada Bupati, untuk mengagendakan pertemuan satu kali dalam sebulan, antara PWI dengan Pemkab Langkat, guna mendiskusikan arah kebijakan komunikasi publik.

Serta meminta dukungan, Koperasi PWI yang baru saja terbentuk, guna peningkatan kesejahteraan dan profesionalisme para anggota PWI.

Sembari menyampaikan, saat ini PWI Langkat memiliki 32 anggota terdiri dari wartawan media cetak, online, televisi dan radio. Sebanyak 25 orang diantaranya, sudah menjadi anggota biasa (sudah UKW).

Menanggapi hal itu, Bupati mengaku, siap mendukung semua usulan yang disampaikan PWI Langkat,baik pelaksaan UKW, pertemuan bulanan dan mensinergikan arah kebijakan komunikasi publik.

Ia juga berpesan, bahwa tidak ada manusia yang tidak memiliki kesalahan.

Untuk itu, diminta kepada PWI agar mampu membenarkan hal yang memang benar, dan sebaliknya terkait pembangunan di Langkat.

 "Sebab kami (Pemkab) juga perlu untuk dikoreksi dan diberi masukan, sebagai bahan interopeksi serta evaluasi guna kemajuan Langkat. Ingat Langkat adalah negeri bertuah, saat ini kita semua menginjak tanah Langkat, jadi mari kita berbuat yang baik untuk mendapatkan tuahnya," pungkasnya.
 
Sembari mengucapkan selamat atas terpilihnya Darwis Sinulingga sebagai ketua PWI Langkat  priode 2020-2023.

Pada audensi tersebut, Bupati didampingi Sekdakab Langkat dr. H. Indra Salahuddin, Inspektur H. Amril, Kadis Kominfo H.Syahmadi, Kabag Umum Eka Depari, Staf Khusus Bupati Sedar Sembiring, Kabag PKP Mahardika Sastra Nasution.