Peringatan HUT Ke 271 Langkat, Berlangsung Sederhana Dengan Menerapkan Prokes, Bupati Nyatakan, Tidak Akan Pernah Merubah Tatanan Langkat, Sebagai Tanah Melayu
17 Januari 2021 - 18:04:48 WIB,    Rika - DISKOMINFO

Langkat, (Diskominfo)

Peringatan hari jadi Kabupaten Langkat ke 271, tahun 2021 ini, tetap berjalan hikmad. Meski  diselenggarakan secara sederhana oleh Pemerintah Kabupaten Langkat, (17 Januari 1750 – 17 Januari 2021).

Pasalnya, pada HUT Langkat kali ini, dua tokoh masyarakat Langkat, yang pernah menjabat Bupati Langkat dua priode, turut hadir ikut menghangatkan acara. Yakni H. Syamsul Arifin priode 1999-2008 dan H. Ngogesa Sitepu priode 2009-2019. Kehikmatannya ditambah, dengan dihadirkannya 50 orang anak yatim untuk diberikan santunan dan paket bingkisan, dipenghujung acara.

Rangkaian acara HUT yang diselenggarakan sederhana ini, bertujuan untuk kebaikan bersama dan upaya pencegahan penyebaran covid 19.

Jadi acara yang dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat ini. Diawali dengan rapat paripurna di Gedung DPRD Langkat, Minggu (17/1/2021). Dikesempatan itu, sebagai sosok yang dipilih masyarakat menuruskan estaped kepemimpinan di Bumi Bertuah. Bupati Langkat Terbit Rencana PA bersama wakilnya H.Syah Afandin, menyatakan, dirinya akan memegang teguh komitmen untuk membangun Langkat, secara lahir dan batin, sekuat kemampuan. Serta menyatakan, tidak akan pernah merubah tatanan kehormatan pendiri awal kabupaten Langkat, sebagai tanah melayu.

“Sebab kami sadar, dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung. Adat di junjung, lembaga disanjung dan pusaka sama dijaga. Dimana adat diisi, disitu pula lembaga di tuang,”tegasnya.

Bupati juga mengajak semua pihak, untuk menjadikan momentum HUT Langkat ke – 271 tahun ini.  Memperkokoh kebersamaan, memperkuat silaturrahmi serta meningkatkan kepedulian, untuk saling memberikan kebaikan dan belajar dari setiap kekurangan yang ada.

Selain itu, Bupati juga berpesan, agar para pimpinan perangkat daerah dikedepannya, terus bekerja, menunjukkan prestasi, memberikan bakti kepada negeri.  Serta selalu berpikir jernih dan bersikap lapang hati, terhadap masukan, saran bahkan kritik sekalipun, yang ditujukan untuk kemajuan negeri bertuah.

“Tegak runtuhnya negeri ini, ada di tangan kita sendiri. Kemakmuran dan kesejahteraan yang menjadi harapan kita semua, haruslah kita awali dengan kemauan untuk berfikir cerdas, bekerja keras dan tuntas. Serta menerima saran dan kritikan yang membangun,”ungkapnya.

Selanjutnya, Bupati menyampaikan, bahwa Pemkab Langkat saat ini, terus mempersiapkan anggaran dan seluruh perangkatnya, guna memutus mata rantai covid 19. Termasuk kampaye vaksinasi 19, sebagai imunitas tubuh yang dimulai Presiden RI pada 13 Januari 2021 lalu.

“Jadi terkait pelaksanaan vaksinasi ini, saya memohon dukungan tokoh masyarakat, tokoh adat dan pemuka agama serta semua pihak terkait, di Langkat,”harapnya.

Sedangkan Sekda Provsu Dr.Ir.R.Sabrina,M.Si mewakili Gubsu H.Edy Rahmayadi, turut memberikan sambutan. Ia mengatakan, saat ini Pemprovsu berkomitmen mempercepat  pembangun Sumut disektor pariwisata, termasuk untuk mengembangkan Bukit Lawang dan Tangkahan di Langkat menjadi destinasi wisata tingkat dunia. Untuk itu, Pemprovsu mengajak lembaga eksekutif, legislatif dam yudikatif di Langkat, untuk bersatu menjaga kemitraan guna mensukseskan pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Langkat.

“Sebagai kontribusi mewujudkan Sumut yang maju, aman dan bermartabat,”pungkasnya.

Sementara Sekdakab Langkat dr. H. Indra Salahudin*, menambahkan, tema HUT tahun ini, “ dengan semangat hari jadi Kabupaten Langkat ke -271, kita bergerak bersama melawan pandemi covid – 19,  mewujudkan Langkat yang maju sejahtera dan religius”. Selaras dengan mottonya, yakni Langkat Tangguh Bersama.

Kemudian, Sekda melaporkan, ditahun 2020, Pemkab Langkat berhasil meraih sejumlah prestasi dari tingkat provinsi hingga nasional, meski ditengah wabah covid 19.  Diantaranya, meraih opini WTP dari BPK RI perwakilan Sumut untuk pertama kalinya. Sertifikat WTP dari Kementerian Keuangan RI. Serta meraih penghargaan TPAKD  award dari OJK pusat dengan kategori penyediaan akses keuangan terbaik tingkat nasional.

Diakhir paripurna, Bupati Langkat menyerahkan cendramata kepada pencipta Mars Langkat Berseri Ny.Fuad Ams dan penulis sejarah Langkat Ny.H.M Nuh. Bupati terdahulu H. Samsul Arifin dan H Ngogesa Sitepu. Serta kepada ketua DPRD Langkat terdahulu H. Sama Mesa Bangun, H.Rudi Bangun dan Terbit Rencana PA diwakili Sri Bana PA.

Usai paripurna, dilanjutkan penyantunan anak yatim dan pemotongan nasi tumpeng dihalaman belakang kantor DPRD Langkat. Pemotongan dilakukan pertama kali oleh Bupati, lalu nasi tumpennya  diberikan kepada Sekda Provsu R.Sabrina mewakili Gubsu H.Edy Rahmayadi. Lalu diberikan kepada dua tokoh masyarakat Langkat H.Samsul Arifin dan H.Ngogesa. Dilanjutkan kepada Wabup Langkat H.Syah Afandin dan ketua DPRD Langkat Surialam.

Acara HUT yang dimeriahkan dengan pegelaran budaya, seperti tarian nusantara yang mewakili  14 etnis suku di Langkat dan tarian melayu sekapur sirih ini, dihadiri oleh Sultan Langkat Tuan Abdul Azwar Aziz Abdul Djalil Rahmadsyah, Tuan Guru Besilam DR. Zikmal Fuad MA, segenap anggota DPR RI Prof.Djohar Arifin, unsur Forkopimda Langkat, para pejabat Pemkab Langkat, segenap anggota DPRD Langkat, tokoh agama/masyarakat dan pemuda Langkat, kerapatan adat kesultanan Langkat, kejuruan dan kedatukan Langkat, serta hadirin lainnya.

Sebelumnya, Bupati menerima kunjungan silaturahmi dari mantan Dandim 0203/Langkat Letkol Inf Bachtiar Susanto dan Dandim  0203/Langkat yang baru, Letkol Inf Joko Saputro, di kediaman pribadi Bupati, Desa Raja Tengah, Kuala, Langkat.

Dikunjungan itu, Letkol Inf Bachtiar memberikan cendramata kepada Bupati berupa kerajinan gambar Garuda yang terbuat dari sabut kelapa.  Sementara Bupati, memberikan cendramata kenangan berupa miniatur Monumen T. Amir Hamzah.