PDAM Segera Bangun Boster Untuk Tingkat Pelayanan Air Bersih
07 Mei 2021 - 16:00:42 WIB,    Rika - DISKOMINFO

Langkat, (Diskominfo)

Belum genap tiga bulan menjabat Dirut PDAM Tirta Wampu, Herman Sukandar segera membangun Boster di tahun 2021 ini, untuk peningkatan sarana dan prasarana air bersih. 

Upayanya, dimulai dari keberhasilan negosiasi pinjam pakai lahan HGU Milik PT. Mirabilis Tunggal Tualang (PT.MTT) seluas 30 X 30 M2. 

"Alhamdulillah PT. MTT telah menyepakati usulan kita ini," ungkap Herman di ruang kerjanya, Kantor PDAM Tirta Wampu, Stabat, Jum'at (7/5/2021). 

Lahan yang dipinjam, jelas Herman, untuk pembangunan Boster penampungan air sebagai peningkatan pelayanan air bersih bagi warga di Kecamatan Pangkalan Susu dan Besitang. 

Upaya ini, kata Herman sesuai intruksi Bupati Langkat Terbit Rencana PA, yakni masyarakat Langkat dipelosok desa harus mendapatkan fasilitas air bersih dengan baik. 

Mekanisme pinjam pakai lahan, lanjut Herman, diawali menyurati PT. Mirabilis dengan surat Direktur PDAM Tirta Wampu Kabupaten Langkat No.690-184/PDAM/III/2021 mengenai izin pinjam pakai tanah. Surat ini merujuk dari Surat Bupati Langkat No.500-804/Ekon/2021, perihal pinjam pakai tanah PT.MTT tertanggal 20 April 2021.

"Alhamdulillah kita mendapatkan balasan sesuai yang diharapkan, PT. MMT setuju dinyatakan dengan surat balasan

No.031/MTT/Ext/IV/2021 tertangal 28 April 2021," ungkapnya. 

Dari surat itu, sambung Herman, ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi. Pihaknya pun bersedia memenuhinya melalui serangkaian negosiasi yang baik. 

Sejumlah persyaratan itu, melakukan perpindahan lokasi dari titik kordinat awal yang dimohonkan N4.00.659.E98.11.955 ke titik kordinat baru N=4.012899 E=98.199225. Serta  PDAM bersedia memberikan discount untuk pemasangan fasilitas saluran air bersih di perumahan kebun PT.MTT.

"Kita sepakat, titik kordinat juga sudah ditetapkan dengan melakukan join survei. Jadi tinggal menunggu proses selesainya pembangunan, Boster langsung dioperasikan tahun ini," kata Herman. 

Sementara, Direktur PT.MTT, Paul BM Siahaan mengatakan, pada prinsipnya PT.MTT mendukung program pemerintah untuk percepatan pelayanan air bersih di Kecamatan Besitang dan sekitarnya. Jadi permohonan dari PDAM diterima. 

"Terpenting perjanjian ini disepakati berdasarkan ketentuan perundang-undangan yang berlaku," tandasnya.