Dinilai Tim Pemprovsu, Kelurahan Sei Bilah Diharapkan Raih Hasil Terbaik
14 Juni 2021 - 17:30:28 WIB,    Rika - DISKOMINFO

Langkat, (Diskominfo)

Tim penilaian Desa dan Kelurahan Kabupaten/Kota terbaik Provinsi Sumatera Utara berkunjung ke Kabupaten Langkat, dalam rangka menilai Kelurahan Sei Bilah Kecamatan Sei Lepan, Kabupaten Langkat Tahun 2021, Senin (14/6/2021). 

Kedatangan tim penilaian dipimpin Kadis PMD Pemprovsu H. Aspan Sofian selaku ketua tim penilaian Desa dan Kelurahan Kabupaten/Kota terbaik Pemprovsu. 

Disambut Bupati Langkat Terbit Rencana PA melalui Wabup Langkat H.Syah Afandin, di Rumdis Bupati Langkat, Stabat. 

Usai disambut, rombongan langsung menuju ke Kecamatan Sei Lepan melaksanakan penilaian lomba kepada Kelurahan Sei Bilah. Giat penilaian ini dipusatkan di Halaman Kantor Kelurahan Sei Bilah. 

Dikesempatan itu, Aspan Sofian menyampaikan sambutan tertulis Gubsu H. Edy Rahmayadi. Ia mengatakan, penilaian ini merupakan penilaian prestasi atas pelaksanaan pembangunan dari hasil yang dicapai oleh masing masing Kelurahan peserta lomba.

"Penilaian ini dalam rangka memberikan motivasi dan mendorong pembangunan sekaligus pengembangan serta memberdayakan masyarakat guna mempercepat kemandirian Kelurahan," jelasnya. 

Pelaksanaan penilaian, sambung Aspan, dilakukan disetiap tahunnya, secara rutin  sesuai Permendagri No.81 tahun 2015 tentang evaluasi perkembangan Desa/Kelurahan.

Jadi salah satu  dokumen yang wajib dipersiapkan bagi peserta dalam penilaian, kata Aspan, adalah rencana pembangunan jangka menengah atau dokumen perencanaan lainnya. 

"Semoga dengan dilaksanakan penilaian Desa/Kelurahan ini, efektivitas penyelenggaraan pembangunan Kelurahan Sei Bilah meningkat," ujarnya. 

Sementara, Wabup Langkat pada sambutannya, mengucapkan selamat datang. Serta berharap kedatangan tim penilaian Pemprovsu memberikan semangat Kelurahan Sei Bilah untuk meningkatkan pembangunan diwilayahnya. 

"Semoga semangat, hingga meraih hasil terbaik yang mengharumkan nama Langkat ditingkat Sumut sampai Nasional," harapnya. 

Ikut mendampingi Wabup, Asisten I Pemerintah Basrah Pardomuan, menambahkan, kehadiran tim penilai sangat memberikan makna, khususnya terkait upaya meningkatkan kapasitas pembangunan di tingkat Kelurahan. 

Ia juga menjelaskan, keberhasilan yang diraih kelurahan Sei Bilah hingga masuk ke tingkat Provinsi mewakili Langkat.  Berkat kerjasama semua pihak dan elemen masyarakat khususnya Kelurahan Sei Bilah.

Kerjasama mulai dari pembangunan, sarana dan prasarana baik pendidikan, kesehatan serta peningkatan kualitas ekonomi Kelurahan.

Sebab itu, sebut Basrah, tidaklah berlebihan jika berharap Kelurahan Sei Bilah nantinya, mampu meraih predikat terbaik di penilaian lomba Kelurahan tingkat Provsu.

Selanjutnya, Lurah Sei Bilah Evi Diana Rika, menyampaikan Ekspos Kelurahan Sei Bilah. 

Ia mengatakan, ada beberapa indikator penting dari Kelurahan Sei Bilah sehingga medapat predikat terbaik dalam lomba Kelurahan tingkat Langkat dan masuk nominasi di tingkat Provsu. 

Indikator tersebut, inovasi dalam memberhasilkan Program Kotaku. Stabilitas keamanan dan ketertiban yang ditandai dengan berkurangnya konflik diantara masyarakat, serta berkurangnya tindak kejahatan yang terjadi. 

"Terbukti dengan tingginya partisipasi masyarakat dalam pengamanan diwilayahnya masing masing," sebutnya. 

Turut hadir, rombongan tim penilaian desa dan kelurahan Pemprovsu, para pejabat Pemkab Langkat, forkopimca Sei Lepan, para aparatur Kelurahan Sei Bilah dan undangan lainnya.