Langkat Akan Melaksanakan MTQ 2021 Secara Terbatas
27 Juli 2021 - 17:00:37 WIB,    Rika - DISKOMINFO

Langkat, (Diskominfo)

Kabupaten Langkat akan melaksanakan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke 54 tahun 2021 secara terbatas dan sederhana di Kecamatan Stabat, pada 20 sampai 24 September 2021.

"MTQ tahun ini akan dilaksanakan secara terbatas," ungkap Kabag Kesra H. Syahrizal mewakili Sekdakab Langkat dr. H. Indra Salahuddin, pada rapat persiapan MTQ ke- 54 tingkat Kabupaten Langkat, di Ruang Pola Kantor Bupati Langkat, Stabat, Selasa (27/7/2021). 

Hal ini, kata Syahrizal, sebab pandemi COVID-19 masih berlangsung. Jadi tujuannya, agar tidak menjadi penyebab penyebaran COVID-19. Pelaksanaannya juga menggunakan protokol kesehatan secara ketat. 

“Apapun cabang MTQ yang dilaksanakan serta dimanapun acara diadakan, panitia menyediakan alat kesehatan demi kenyamanan bersama dan memutus mata rantai COVID-19,” tegasnya.

Sedang tempat pelaksanaan MTQ, lanjut Syahrizal, awalnya diagendakan di Kecamatan Pematang Jaya, namun dialihkan di Kecamatan Stabat sebab masih berlangsungnya pandemi. 

"Lokasinya, diaula perkantoran Pemkab Langkat dan gedung sekolah yang berada disekitaran komplek perkantoran Pemkab Langkat," sebutnya.

Syarizal juga berharap, nantinya pelaksanaan MTQ berjalan lancar meski diselenggarakan di tengah situasi pandemi. 

“Mari jaga aman, jaga iman dan jaga imun,”ajaknya.

Diketahui, MTQ ke 54 ini bertema, mewujudkan insan yang qur'ani dan tangguh dimasa pandemi menuju Langkat maju, sejahtera dan religius.

Rencana penetapan lokasi kegiatan diantaranya :

Dinas PU PR untuk cabang tilawah dewasa dan remaja. Dinas Perindag untuk tilawah anak dan tartil. Kemenag untuk cabang syarhil qur'an. Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan untuk cabang hafiz 20 dan 30 juzz. Bappeda untuk cabang tilawah 1 juzz. Kesbangpol untuk cabang tilawah 5 juzz. Disdukcatpil untuk cabang hafiz 10 juzz, SMP N 5 Stabat untuk cabang khattil qur'an. 

Rapat dihadiri pihak IO, panitia penyelenggara, para pimpinan perangkat daerah Pemkab Langkat terkait.