3.000 Sertifikat Tanah Diberikan KPN Langkat Ke Masyarakat
30 Juli 2021 - 18:00:26 WIB,    Rika - DISKOMINFO

Langkat, (Diskominfo)

Pemkab Langkat bersama Kantor Pertanahan Nasional (KPN) Kabupaten Langkat, menggelar sidang panitia pertimbangan landreform (PPL) redistribusi tanah, di halaman Kantor Pertanahan Kabupaten Langkat, Stabat, Kamis (29/7/2021).

Sidang ini, dalam rangka pelaksanaan reforma agraria Kabupaten Langkat tahun 2021. Dibuka Bupati Kabupaten Langkat Terbit Rencana PA melalui Plt. Asisten I Pemerintahan, Drs. Basrah Pardomuan didampingi Kepala KPN Langkat, Fachrul Husin Nasution.

Fachrul menjelaskan, sidang PPL bertujuan untuk mengadakan pembagian tanah dengan memberikan dasar pemilikan tanah, sekaligus memberi kepastian hukum hak atas tanah kepada subjek yang memenuhi persyaratan, sehingga dapat memperbaiki serta meningkatkan keadaan sosial ekonomi subjek redistribusi tanah.

Hasilnya, sebanyak 3.000 sertifikat tanah objek landreform, sudah diredistribusikan KPN Langkat kepada masyarakat Langkat. 

Dipaparkan Hanna, jumlah redistribusi sertifikat pada sidang landreform pertama 12 Juli 2021, sebanyak 1.179 bidang diberikan kepada 1.015 kepala keluarga (KK). Luas keseluruhan tanah 1.037.104 M?2; untuk Kecamatan Kuala, Sei Bingai, Selesai, Stabat dan Kecamatan Hinai. 

Kemudian, redistribusi sertifikat pada sidang landreform kedua 29 Juli 2021, sebanyak 1.821 bidang di berikan kepada 1.767 KK, dengan keseluruhan luas tanah 4.651.652 M?2; untuk Kecamatan Kuala, Sei Bingai, Selesai, Stabat, Hinai, Gebang dan Kecamatan Bahorok. 

Pelaksanaan program ini, lanjut Hanna menjelaskan, berdasarkan instruksi pusat dan provinsi. Penerapan yang sudah dilakukan pihak KPN ke masyarakat mengenai tanah tersebut, diantaranya melakukan penyuluhan, inventarisasi dan identifikasi objek dan subjek, pengukuran bidang tanah, peninjauan dan penelitian di lapangan, serta menargetkan alokasi di 24 Desa dan Kelurahan.

"Upaya ini, untuk tercapainya kegiatan redistribusi tanah sesuai dengan target yang telah di tetapkan, serta berdasarkan peraturan perundang undangan yang berlaku," terangnya. 

Sementara Asisten I mengucapkan terimakasih kepada KPN Langkat. Semoga program ini meningkatkan ekonomi masyarakat, menuju Langkat yang maju dan sejahtera.