DEKLARASI DAMAI CALON KADES LANGKAT BERJALAN KONDUSIF
22 Oktober 2015 - 00:00:00 WIB,    hendra - DISKOMINFO

Stabat,  (PDE)

Sebanyak 64 desa yang ada di Kabupaten Langkat, pada tanggal 18 November mendatang secara serentak akan menggelar Pesta Demokrasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades).

 

Dari jumlah tersebut, sebanyak 219 bakal calon Kepala Desa dinyatakan lulus Seleksi Ujian tertlis dan wawamcara sebagai Calon Kades berdasarkan hasil penyeleksian panitia Pilkades tingkat Kabupaten.

 

Dan pada hari, Kamis (22/10), bertempat di gedung Pegnasos #--more--#Stabat, semua berkumpul jadi satu mendeklarasikan diri, siap bersaing dan berkompetisi pada Pilkades mendatang dengan damai. Acara tersebut mendapat respond bagus dari berbagai kalangan, termaksud orang nomor satu di Langkat, H. Ngogesa Sitepu.

 

Melalui Wabup H. Sulistianto, Ngogesa sampaikan bahwa Desa adalah ujung tombak kemajuan Negara, jika Desa maju pasti engara akan maju, dan sebuah desa maju pasti memiliki pemimpin yang hebat, professional dan cerdas.

 

“Karena itu, ini gambaran bagaimana semangat Kades membangun Desa yang unggul dan maju terbukti dengan Deklarasi ini” ujar Sulis mengutip pesan Ngogesa.

 

Kemudian Ngogesa juga berharap, deklarasi dapat jadi perekat pemersatu bagi seluruh bakal calon  Kades yang bersaing untuk tetap menghormati satu sama lain, “boleh bersaing, tapi harus sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang berlaku” pesan Ngogesa berharap Pilkades serentak mendatang berlangsung kondusif.

 

Kajari Stabat, Henderi SH, MH dalam kesempatan itu mengatakan bahwa untuk menjadi Kades saat ini kita membutuhkan suara rakyat, karena itu, sudah menjadi tuntutan bagi Kades untuk merebut hati masyarakat, namun, persaingan dalam mendapatkan perhatian masyarakat harus sesuai ketentuan, jangan sampai niat merebut hati masyarakat berujung pada jeratan hukum.

 

“Tetap bersaing dengan santun, jaga kekondusifan daerah” kata Henderi. Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa Kab. Langkat H. Jaya Sitepu menjelaskan bahwa Pilkades tahun ini adalah gelombang 1 tahun 2015, dan sebelum menjadi Kades, para bakal calon Kades harus melewati beberapa tahapan, dimulai dari Berkas Administrasi sampai dengan Pemilihan Langsung.

 

“Semoga tahapan-tahapan tersebut  dapat mewujudkan Kades-Kades yang berkualitas yang siap membantu program Pemkab.Langkat menciptakan masyarakat yang sejahtera unggul dan kreatif.

 

Hadir dalam Deklarasi tersebut Kapolres Langkat AKBP Dwi Asmoro, perwakilan Kodim 0203 Langkat, sejumlah SKPD dijajaran Pemkab. Langkat Panitia Pemilihan Desa, dan tokoh masyarakat.  (Humas/Informasi)