Pemkab Langkat Ikuti Webinar, Kempan RB Terbitkan Program Menuju Birokrasi Bersih
16 September 2021 - 17:08:45 WIB,    Rika - DISKOMINFO

Langkat, (Diskominfo)

Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Repormasi Birokrasi (Kempan RB) RI menerbitkan program menuju biroksasi yang baik, bersih dan berkualitas. 

Hal ini disampaikan Bupati Langkat Terbit Rencana PA, melalui Wabup Langkat H. Syah Afandin usai mengikuti Webinar dengan KPK RI bersama Kemenpan RB, dengan topik "Jual Beli Jabatan, Kenapa dan Bagaimana Solusinya"?, di LCC Kantor Bupati Langkat, Stabat, Kamis (16/9/2021). 

Wabup mengatakan, Kemenpan RB Tjahjo Kumolo pada Webinar menyampaikan, untuk mencegah terjadinya jual beli jabatan,  Kemenpan RB menerbitkan program dalam upaya menuju biroksasi yang baik, bersih, dan berkualitas.

Program tersebut diantaranya penyederhanaan birokrasi, peningkatan kualitas SDM ASN, dan pengoptimalan program yang ada. 

Sementara, sambung Wabup, Ketua KPK RI Firli Bahuri, mengajak berpikir tujuan dari lelang jabatan. 

Ia mengatakan, apabila jabatan yang didapatkan melalui  jual beli jabatan. Membuat aparatur yang menduduki jabatan tersebut, akan lebih fokus dalam pengembalian modal pembelian. Efeknya, mengakibatkan pelaksanaan dan praktek fungsi jabatan tersebut, membuat pelayanan publik yang baik sulit didapatkan masyarakat.

"Jual beli jabatan menjadikan sulitnya mendapatkan pelayanan publik," tandasnya. 

Selain itu, sangat rentan menimbulkan tindak pidana korupsi (TPK) diantaranya, berupa gratifikasi, suap dan pemerasan. 

Turut hadir mendampingi Wabup, Kepala  Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Romarlan Harahap, dan Danramil 07 Stabat, Kapten Arh. Iroma Harahap perwakilan Dandim 0203/ LKT.