Pemprovsu Intens Majukan Tangkahan Dan Bukit Lawang Menuju Destinasi Wisata Dunia, Pemkab Langkat Sampaikan Apresiasi
12 Januari 2022 - 15:50:30 WIB,    rika - DISKOMINFO

Langkat, (Diskominfo)

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) intens mendukung kemajuan destinasi Bukit Lawang dan Tangkahan Kabupaten Langkat untuk menjadi destinasi wisata kelas dunia.

Dukungannya getol dilakukan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmyadi  melalui Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Musa Rajekshah. Dari melaksanakan beberapa kali rapat koordinasi lintas sektoral  antara Pemprovsu dengan Pemerintah Kabupaten Langkat.

Baik bertempat di Kantor Gebernur Sumatera Utara dan di lokasi wisata Bukit Lawang, hingga menginap untuk melakukan peninjauan  Bukit Lawang dan Tangkahan bersama Bupati Langkat Terbit Rencana PA.

Atas dukungan itu, Bupati Langkat Terbit Rencana PA dengan didampingi Wakil Bupati Langkat H. Syah Afandin, secara pribadi dan pemerintahan memberikan apresiasi. “Atas nama pribadi dan pemerintahan, saya ucapkan terima kasih kepada Pemprovsu,” sebut Bupati di Stabat,  Rabu (12/1/2022).

Bupati pun mendoakan kinerja ini menjadi amal zariyah, sebab kemajuan wisata Tangkahan dan Bukit Lawang selain meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) juga meningkatkan ekonomi kerakyatan dan pelaku usaha wisata.

“Tentu kemajuan wisata dapat mensejahterakan masyarakat. Ini sejalan dengan visi misi Pemkab Langkat. Semoga menjadi amal ibadah,” sebut Bupati.

Bupati Langkat juga menerangkan bahwa  Pemprovsu akan membantu pembuatan jalan alternatif Bukit Lawang  - Tangkahan (Bulangta). Jalan ini sepanjang 30 kilometer membuat jarak Bukit Lawang – Tangkahan semakin dekat.

“Jika sebelumnya dari Bukit Lawang ke Tangkahan harus berputar dari Stabat dengan jarak ± 150 kilometer. Kini dengan jalan alternatif Bulangta lebih dekat dan hemat waktu,”sebutnya.

Sembari berharap pengerjaan jalan Bulangta segera terealisasi.

Selanjutnya Bupati Langkat memaparkan, sejumlah upaya Wagubsu untuk mengupayakan kemajuan Bukit Lawang dan Tangkahan dengan berkoordinasi dengan para menteri.

1. Wagubsu Musa Rajekshah didampingi Kepala Dinas Kehutanan Sumut Herianto menemui Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Menteri LHK) Siti Nurbaya Bakar yang didampingi Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Wiratno di Rumah Dinas Menteri LHK, Jakarta, Senin (10/1/2022).

Wagubsu meminta dukungan terkait pengaktifan konservasi Orang Utan khususnya di Bukit Lawang yang sudah lama tidak beroperasi. Hal ini pun langsung disetujui  Menteri Siti Nurbaya.

2. Musa Rajekshah meminta dukungan untuk memajukan Tangkahan dan Bukit Lawang dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) di Jakarta, Kamis (6/1/2021).

Kehadiran Wagubsu disambut Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar. Dalam pertemuan itu, Ijeck menjelaskan ada 7 desa di Kecamatan Bahorok dan Kecamatan Batang Serangan yang akan dikembangkan untuk mendukung Destinasi Bukit Lawang dan Tangkahan yang nantinya akan dikelola oleh badan usaha milik desa (BUM Desa).

3. Wagubsu juga menemui Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, di Gedung Kementerian Pariwisata Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (5/1/2022).

Wagubsu memaparkan berbagai potensi dari pengembangan wisata Bukit Lawang - Tangkahan di Kabupaten Langkat hingga rencana gelaran event bertaraf internasional, sport tourism World Rally Championship (WRC) di Kawasan Danau Toba pada tahun 2023 mendatang.

4. Sebagai bentuk keseriusan Pemprovsu dalam mengembangkan kawasan wisata Bukit Lawang dan Tangkahan, Musa Rajekshah bersama dengan Anggota DPRD Sumut dan jajaran Pemkab Langkat juga mengunjungi Balai Ekonomi Desa (Balkondes) kawasan Borobudur, Selasa (21/12/2021).

Rombongan disambut Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (TWC) Edy Sutijono, Direktur Destinasi Pariwisata Badan Otorita Borobudur (BOB) Agustin Peranginangin.

Musa Rajekshah menyampaikan kunjungan ini dilakukan untuk mendukung target pemerintah mengembangkan wisata Tangkahan dan Bukitlawang berikut dengan beberapa desa di sekitarnya. Sebelumnya, Pemprov Sumut telah melakukan rapat koordinasi hingga melakukan kunjungan langsung ke Bukitlawang bersama Dinas terkait dijajaran Pemprovsu dan Pemkab Langkat.