JAMBORE PENYULUHAN P2K DI LANGKAT DITUTUP
20 November 2015 - 00:00:00 WIB,    hendra - DISKOMINFO

Stabat,  (PDE)

Kegiatan Jambore Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (P2K) yang diselenggarakan di Kabupaten Langkat sejak 2 hari lalu resmi ditutup, Jum’at (20/11).

 

Penutupan dilakukan oleh Kabid Pengembangan SDM Penyuluhan Badan Koordinasi Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Provsu. Ir. Ellen Nova, M.Ma.

 

Ir Ellen Nova mengatakan, penyuluh pertanian, perikanan dan kehutanan merupakan ujung #--more--#tombak pembangunan di Sumut.

 

"Keberadaan mereka sangat membantu dalam peningkatan pengetahuan dan keterampilan bagi dunia pertanian di Sumut” kata Ellen.

 

Dikesempatan yang sama, Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu SH melalui  Plt. Kadis Pertanian Langkat Nur Supandi juga menuturkan hal yang sama, menurutnya, penyuluh pertanian sangatlah penting peran sertanya bagi kemajuan pertanian di Indonesia khususnya Sumatera Utara.

 

“Karena, disamping sebagai innovator mereka juga berfungsi sebagai mediator yang mampu menjembatani kepentingan Pemerintah dengan masyarakat, terkait dengan swasembada pangan” ujar Sur Supandi mengutip kata Ngogesa.

 

Ngogesa berharap, kegiatan yang baru dilaksanakan ini dapat memberikan pemahaman bagi para penyuluh diseluruh daerah di Provsu, sehingga kesejahteraan dan peningkatan perekonomian bagi para petani dapat semakin meningkat dari tahun ketahun-tahun melalui kegiatan yang syarat dengan informasi ini.

 

Kegiatan penutupan juga dirangkaikan dengan pemberian hadiah bagi para pemenang lomba Jambore P2K, diantaranya kategori Ketangkasan Penyuluh, Identifikasi Bibit Tebu, Bibit Sawit, Tanam Padi Sistem Jarwo, Identifikasi Jenis Tanaman Hutan, Jenis Olahan Kayu Hutan, Jenis Himbauan Makanan Ternak dan Jenis Kelamin DOC.

 

Dari berbagai kategori, Suwardi SP, petani asal Langkat berhasil menjadi juara pertama kategori Identifikasi Bibit Tebu, sedangkan untuk kategori lainnya, direbut oleh peserta dari Kabupaten/Kota lainnya.  (Humas/Informasi)