Afandin Ingin Penurunan Angka Stunting Di Langkat Tercapai
07 September 2022 - 17:17:28 WIB,    Rika - DISKOMINFO

Langkat, (Diskominfo)

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Langkat H Syah Afandin SH membuka acara kordinasi dan konsolidasi stunting Kabupaten Langkat, di Hotel Grand Stabat, Rabu (7/9/2022). 

Plt Bupati Langkat menginginkan semua pihak terus berkoordinasi secara baik pada penanganan stunting.

Kepada tim percepatan stunting yang terdiri dari beberapa leading sektor seperti Dinas Kesehatan, Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak  (PPKBPPA) dan lainnya. Termasuk beberapa Camat hingga ditingkat Desa/Kelurahan harus meningkatkan upaya penanganan stunting secara serius dan penuh tanggungjawab. 

Afandin menjelaskan bahwa pemerintah pusat menargetkan penurunan angka stunting di Langkat harus mencapai:

Ditahun 2022 sebesar 27,64 persen. 

Ditahun 2023 sebesar 23,25 persen. 

Ditahun 2024 Sebesar 18,79 persen. 

Jadi kata Afandin dengan sisa waktu tiga bulan ditahun 2022 harus dapat mencapai target tersebut. 

Sebab Langkat memiliki 732 tim pendamping keluarga atau 2.196 orang yang terdiri dari bidan, perawat, kader PKK dan kader KB yang melaksanakan pendampingan kepada keluarga beresiko stunting. 

"Saya yakin ini tercapai, semua harus bekerja sama dan serius. Percepatan penurunan angka stunting di Langkat telah memberikan surat keputusan kepada tim percepatan penurunan stunting mulai dari tingkat Kabupaten, Kecamatan serta Desa dan Kelurahan yang bertugas mengkoordinasikan dan mengevaluasi penyelenggaraan percepatan penurunan stunting," jelasnya. 

Kepala Bapeda Hj Rina Wahyuni Marpaung SSTP MAP menyampaikan dalam melaksanakan penurunan stunting ada delapan (8) aksi  yang harus dilaksanakan, yakni:

-Rencana Kegiatan

-Rembuk Stunting 

-Peraturan Bupati atau walikota tentang peran desa/kelurahan

-Pembinaan KPM 

-Sistem management data 

-Pengukuran dan publikasi stunting 

-Riviu kinerja tahunan

-Analisis situasi

Turut Hadir Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatra Utara Rabiatul Dawiyah, Anggota DPRD Langkat Fatimah, Kepala Dinas PPKBPPA Dr Sadikun Winanto, Kadis Sosial Taufiq Rieza SSTP MAP, Kadis Perhubungan Drs Mulyono MSI, Plt Kadis Kesehatan Langkat dr Juliana MM, Kabag Umum Eka Syahputra Depari SSTP, Kabag Prokopim H Mahardika Sastra Nasution SSTP MAP dan Camat  se-Langkat.