Musrenbang RPJPD 2025-2045: Faisal Hasrimy Targetkan Langkat Mandiri, Maju Dan Berkelanjutan Di 2045
03 April 2024 - 18:47:32 WIB,    rizka - DISKOMINFO

 

Medan, Sumut -(Diskominfo)

Bappelitbang Kabupaten Langkat Menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Langkat Tahun 2025-2044 bertempat di Le Polonia Hotel & Convention Medan pada Rabu, (3/4/2024). 

Sekda Langkat Amril menyampaikan arah Kebijakan pembangunan Kabupaten Langkat Tahun 2025-2045 berdasarkan amanat Permendagri 86 tahun 2017 dalam rangka mewujudkan peningkatan kualitas dokumen perencanaan pembangunan Kabupaten Langkat. Visi RPJPD Kabupaten Langkat tahun 2025-2045 adalah Langkat yang mandiri, maju dan berkelanjutan.

Kepala Bappedalitbang Kabupaten Langkat Rina Wahyuni Marpaung, S.STP,  M.AP menjelaskan "Hasil musyawarah hari ini ini akan dituangkan dokumen resmi rencana pembangunan Kabupaten Langkat 20 tahun kedepan" ucapnya.

Pj Gubernur Sumut diwakili Staff Ahli Bid. hukum, politik dan pemerintahan Ir. Muhammad Armand Effendy Pohan, M.Si menjelaskan dalam rangka mendukung RPJM Indonesia Emas 2045 maka provinsi Sumatera Utara menetapkan penyelarasan dengan menetapkan Sumatera Utara unggul maju dan berkelanjutan.

"Penyusunan harus selaras antara daerah dan nasional, sehingga nantinya menjadikan Sumatera Utara unggul maju dan berkelanjutan" harapnya.

Melalui pelaksanaan Musrenbang RPJPD diharapkan dapat menjaring permasalahan dan isu strategis daerah Kabupaten Langkat serta menghasilkan program prioritas yang akan dilaksanakan kedepan hal ini disampaikan oleh Pj Bupati Langkat H. M. Faisal Hasrimy, AP., M.AP.

"Saya berharap program prioritas yang akan dilaksanakan terus diperkaya dengan berbagai inovasi sehingga mampu menyelesaikan permasalahan yang terjadi serta menyesuaikan dengan dinamika perkembangan zaman" ucap Pj Bupati Langkat.

Pemerintah Kabupaten Langkat menetapkan target untuk mendukung pencapaian target Indonesia Emas 2045 melalui peningkatan perkapita, pengentasan kemiskinan dan pendapatan perkapita, pengentasan kemiskinan dan ketimpangan, peningkatan peran dan posisi daerah tingkat nasional, peningkatan daya saing SDM serta penurunan emisi gas rumah kaca.

"Saya selalu menekankan keseriusan, kita harus bisa memberikan warna dan manfaat untuk masyarakat Kabupaten Langkat" tegasnya.

Potensi pertanian, perikanan dan pariwisata menjadi potensi yang bisa kita kembangkan maksimal. "Saya harap semua pemangku kepentingan bisa sama sama bekerjasama dan berkolaborasi demi terwujudnya Kabupaten Langkat Mandiri, Maju dan Berkelanjutan 2045" ucapnya.

"Langkat harus menjadi setara Nasional bahkan diatas emas untuk tahun 2045. Kita bisa mengembangkan wisata, lumbung pangan, hilirisasi industri kita punya potensi. Hari ini kita susun langkah untuk menuju ke arah tersebut" kata Faisal Hasrimy.

Selanjutnya Pj Bupati Langkat H. M. Faisal Hasrimy membuka Penandatanganan berita acara Musyawarah Pembangunan RPJPD Kabupaten Langkat tahun 2025-2045

"Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim Musyawarah Pembangunan RPJPD Kabupaten Langkat tahun 2025-2045 dengan resmi saya nyatakan dibuka" ucapnya sembari memukul gong.(ikp)