Pj. Bupati Langkat Faisal Hasrimy Monitoring Lomba Penilaian Desa Terbaik Sumut
06 Juni 2024 - 15:08:20 WIB,    rizka - DISKOMINFO

Hinai, Langkat- 

Pj. Bupati Langkat H. M. Faisal Hasrimy, AP., M.AP monitoring dalam rangka Penilaian Desa Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Utara bertempat di Desa  Baru Pasar VIII Kecamatan Hinai, Kamis (6/6/2024) pagi.

Desa Baru Pasar VIII merupakan pimpinan Indrawan Syahputra, yang menjadi desa terbaik se Kabupaten Langkat sehingga berkesempatan mengikuti Lomba Desa tingkat Provinsi Sumatera Utara. Penilaian ini dilakukan berdasarkan keberhasilan penyelenggaraan pemerintah, pelaksanaan pembangunan dan kegiatan kemasyarakatan.

Tim Penilaian dari Dinas PMD Provinsi Sumatera Utara hadir bersama Inspektorat Provsu, Analis Perencanaan Bappelitbang Provsu, Analis Kebijakan Ahli Muda Biro Pemerintahan dan Otda Setdaprovsu, Perwakilan PKK Provsu, Penyuluh Narkoba Ahli Madya BNNP Provsu, Koordinator Program Manager Satgas Stunting Sumut, Tenaga Ahli Psikologi USU, Analis Mudan Dinas PMD dan Dukcapil Provsu, dan Analis Prasarana dan Perkotaan Dinas PMD dan Dukcapil Provsu.

Pj Bupati Langkat H. M. Faisal Hasrimy, AP., M.AP sampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya dan mendukung Desa Baru Pasar VIII.

"Saya ucapkan terimakasih dan apresiasi saya untuk desa ini. Semoga ini menjadi motivasi desa untuk menggali potensi yang dimiliki", ucapnya.

Pimpinan Tertinggi di Kabupaten Langkat tersebut sampaikan bahwa desa merupakan ujung tombak pembangunan sebagimana yang tercantum dalam program kerjanya "Bubur Pedas".

"Yang merupakan perpanjangan tangan dari pemerintah daerah untuk menggali potensi yang dapat dituntaskan bersama lewat program kerja Bubur Pedas", katanya.

"Jika permasalahan di desa dapat terselesaikan, maka insyaallah masyarakat Kabupaten Langkat akan sejahtera" ucapnya.

Melalui lomba desa/kelurahan ini, Faisal Hasrimy berharap dapat mendorong partisipasi masyarakat dalam percepatan pembangunan.
"Sehingga akan tercipta masyarakat yang lebih maju dan mampu menggali potensi di daerahnya masing-masing", Harap Pj Bupati Langkat.

Tak lupa ia sampaikan kepada Tim Penilaian Provinsi Sumatera Utara untuk memberikan kritik dan saran sebagai bahan evaluasi untuk desa dan pemerintah Kabupaten Langkat.

Disamping itu, Pj. Bupati Langkat juga berjanji akan mengaspal jalan menuju Kantor Desa Baru Pasar VIII ini, di anggaran P-APBD 2024.

Kepala Dinas PMD Provinsi Sumatera Utara diwakili Kabid PMD Putra Landri Sitepu, S.STP menekankan bahwa penilaian tentang desa berdasarkan beberapa kriteria.

"Penentuan ini berdasarkan  capaian desa dalam menjalankan pemerintahan, pembangunan desa, kreativitas dan aktivitas kemasyarakatan" katanya.

Penghargaan yang diberikan berupa tropi, piagam dan uang pembinaan serta mengikuti lomba desa/lurah  untuk tingkat nasional.

Ia juga menyampaikan di Sumatera Utara ada 13 desa dan 5 kelurahan yang mengikuti lomba ini. Kabid PMD tersebut berharap 
"Semoga kritik dan saran yang kami berikan nantinya dapat menjadi bahan untuk memperbaiki demi kemajuan desa dan Kabupaten Langkat kedepannya" ucap dan harapnya.

Selanjutnya Kabid PMD Provinsi Sumatera Utara tersebut membuka penilaian desa/lurah terbaik se Provinsi Sumatera Utara.

"Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim penilaian lomba desa/lurah terbaik provinsi Sumatera Utara dengan resmi saya nyatakan dibuka" ucapnya.(ikp/kominfolangkat).