PEMKAB. LANGKAT PERINGATI HUT KE-97 PEMADAM KEBAKARAN
07 Maret 2016 - 17:39:57 WIB,    hendra - DISKOMINFO

Stabat,  (PDE)

Apel Gabungan Pemerintah Kabupaten Langkat dihalaman Kantor Bupati Langkat, Senin (7/3), memperingati  Hari Ulang Tahun (HUT) ke-97 Pemadam Kebakaran di Indonesia.

Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu SH bertindak selaku Pembina Apel, tampak, Wakil Bupati Langkat, Sekda, para Staf Ahli, para Asisten dan para SKPD dijajaran Pemkab.Langkat hadir pada apel dan  pesertanya adalah seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemkab. Langkat dari berbagai instansi, mulai dari Dinas, Badan, Kantor dan Bagian.

Dalam sambutannya, Bupati mengulas sejarah tentang Pemadam Kebakaran, berikut beberapa catatan penting Bupati mengenai Pemadam Kebakaran.

Pertama, Bupati mengingatkan, bahwa tanggal 1 Maret 97 tahun silam adalah hari bersejarah bagi Petugas Pemdam Kebakaran, momentum itu dikenal dengan sebutan Branwiir, untuk itu, saat sekarang ini, perjuangan dan pengorbanan petugas pemadam kebakaran dalam melakukan perlawanan terhadap kobaran api, baik itu dipemukiman penduduk, bangunan gedung publik, pabrik, pasar, hutan dan lahan gambut, haruslah diapresiasi.

Kemudian, perihal keselamatan dalam bertugas, petugas pemadam kebakaran selalu berusaha menyelamatkan jiwa masyarakat yang terkena dampak dari kebakaran, menyusul penyelamatan harta benda dan surat-surat berharga lainnya.

“Makanya, seringkali keselamatan petugas kebakaran sering dipertaruhkan, olehkarena itu, kesetiaan para petugas kebakaran dalam melayani masyarakat harus selalu kita berikan penghargaan dengan memperingati hari kelahiran pemadam kebakaran dan bencana lainnya."

Terakhir, Ngogesa berharap kepada seluruh masyarakat agar mengingat pengorbanan penting para petugas pemadam kebakaran, serta lakukanlah pencegahan terhadap kebakaran sebelum kebakaran terjadi.

”Pantang pulang sebelum api padam, walaupun nyawa taruhannya” semangat Ngogesa kepada seluruh petugas kebakaran di Langkat.

 

Baju PDH

Apel Gabungan tersebut juga ditandai dengan mulai berlakunya baju PDH warna kaki dimulai bulan Maret tahun 2016 setiap hari Senin dan Selasa. “Biasanya baju seragam Linmas yang digunakan para ASN Langkat setiap  hari Senin, namun untuk melanjuti instruksi Presiden, Pemkab. Langkat menerapkan hal tersebut bagi seluruh para ASN” kata Ngogesa setelah apel.

Ngogesa berharap, seluruh ASN Langkat mematuhi peraturan ini dengan menggunakan pakaian sesuai apa yang telah ditentukan Pemerintah Kabupaten Langkat.  (Humas/Informasi)