PEMKAB. LANGKAT UKIR PRESTASI BIDANG KETENAGAKERJAAN
23 September 2016 - 17:57:48 WIB,    hendra - DISKOMINFO

Stabat,  (PDE)

Pemerintah Kabupaten Langkat dibawah kepemimpinan Bupati H. Ngogesa Sitepu SH kembali ukir prestasi Nasional dibidang Ketenagakerjaan dengan meraih sertifikat ISO 9001:2015 dari Menteri Ketenagakerjaan RI M. Hanif Dhakiri yang diserahkan langsung oleh Sekjen Abdul Wahab Bangkana pada acara pembukaan Job Fair Nasional di Jakarta, Jum’at (23/9) dan diterima oleh Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu SH yang diwakili Kadisnakertrans H. Saiful Abdi.

Pemberian penghargaantersebut berdasarkan penilaian yang dilakukan olehTranspacifik  Certifications Limited (TCL), International accreditatioon Forum (IAF) dan JAS-ANZ yang bertindak sebagai tim penilai bekerjasama dengan Kementerian Ketenagakerjaan RI dan International Labour Organization (ILO) yang juga merupakan Lembaga dibawah naungan Perserikatan Bangsa-bangsa dan berkedudukan di Australia dan Newzerland.

Menariknya, ini adalah kali keempat secara beruntun prestasi dibidang ketenaga kerjaan diraih oleh Langkat, sebelumnya, pada tahun 2013 s/d 2016, Sertifikat ISO 9001 juga berhasil diraih oleh Langkat.

Untuk itu, pada kegiatan yang sama, Kemeterian Ketenagakerjaan RI mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Langkat dengan memberikan penghargaan Langkat sebagai Daerah yang berhasil melaksanakan sistem manajemen mutu ISO 9001 baik dalam bidang penempatan tenaga kerja serta pengelolaan aktif terhadap Informasi Pasar Kerja On Line (IPKOL bersama dengan Kota Makasar, Kabupaten Bogor, Boyolali dan Pasuruan.

Sebagai Bupati Langkat, H. Ngogesa Sitepu yang akrab disapa dengan Ngogesa mengaku senang dan gembira dengan prestasi yang diraih. Ngogesa menjelaskan, diwaktu bersamaan dirinya harus menjemput kepulangan Jema’ah Haji asal Langkat yang tiba dibandara Kuala Namu International Airport (KNIA) Lubuk Pakam. Karenanya, kesempatan berharga tersebut tidak bisa diikutinya mengingat penyambutan Jema’ah Haji adalah kegiatan Umat yang bertujuan untuk memotivasi seluruh Jemaah Haji agar senantiasa bersyukur dan membantu Pemkab. Langkat dalam mewujudkan Langkat yang religius.

Walaupun demikian, Ngogesa menganggap bahwa terpilihnya Langkat sebagai terbaik Nasional untuk keempat kalinya secara berturut adalah gambaran baik bagi kemajuan Langkat.

Ngogesa mencontohkan, dengan diberikan penghargaan ini, pastinya Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi di Langkat yang menaungi bidang Ketenagakerjaan akan semakin lebih termotivasi untuk melakukan program-program unggulan terkait ketenagakerjaan.

Karenannya, Bupati mengharapkan program-program yang sukses dijalankan Disnakertrans Langkat agar terus dipertahankan, “Tahun ini kita berhasil mempertahankan prestasi dan mencatat sejarah, semoga tahun depan prestasi dapat kita raih kembali” harap Ngogesa.

Kadisnakertrans Langkat H. Saiful Abdi menjelaskan bahwa keberhasilan Langkat mendapatkan sertifikat dan penghargaan dalam bidang Ketenagakerjaan adalah sebuah kebanggaan.

“Benar, pada tahun ini, 14 Daerah di Indonesia yang meraih prestasi ISO 9001:2015, tapi, hanya 5 Kabupaten/Kota yang berhasil mempertahankan secara terus menerus sejak diselenggarakan pada tahun 2013” kata Saiful didampingi Kabag Humas dan Informasis Rizal Gunawan Gultom.

Lanjutnya, program penempatan ketenagakerjaan serta Informasi Pasar Kerja On Line yang Disnakertrans Langkat dinilai cukup berhasil dalam mengurangi pengangguran di Kabupaten Langkat. “Karenannya, program ini memberikan manfaat bagi Pemerintah dan Masyarakat khususnya perihal peluang ketenagakerjaan yang bertujuan mengurangi pengangguran” tegasnya.

Saiful berharap, sinergitas antara Pemerintah dengan masyarakat akan selalu terjaga sehingga prestasi-prestasi dapat selalu diraih oleh Pemkab. Langkat yang pada akhirnya membawa Langkat menjadi lebih maju, unggul dan sejahtera.

Untuk diketahui, Sertifikat ISO 9001 adalah prestasi Nasional dibidang ketenagakerjaan disamping dari Penghargaan Keselamatan Kesehatan Kerja (K3) yang juga telah diraih Langkat sebanyak 5 kali berturu-turut.

Kemudian, berdasarkan penilaian dari Menteri Tenaga Kerja RI Hanif Dhakiri, Kabupaten/Kota yang berhasil meriah prestasi ISO atau K3 adalah Daerah yang berhasil menjalankan program ketenagakerjaan, khususnya program yang berdampak pada kepentingan masyarakat luas.  (Humas/Informasi)