DESA SELOTONG DICANANGKAN SEBAGAI KAMPUNG KB
11 Oktober 2016 - 16:51:13 WIB,    hendra - DISKOMINFO

Langkat,  (PDE)

Pemerintah Kabupaten Langkat Canangkan Desa Selotong, Kecamatan Secanggang sebagai Kampung Keluarga Berencana (KB), Selasa (11/10). Pencanangan kampung KB ini ditandai dengan penanda tangan prasasti oleh Bupati Langkat H.Ngogosa Sitepu,SH yang disaksikan  oleh perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Utara Drs. Temazaro Zega, M.Kes,, Wabup H. Sulistianto, Sekda H. Indra Salahudin, anggota DPRD Langkat Fatimah,Ketua TP. PKK Langkat Ny. Hj. Nuraida Ngogesa, Ketua DWP Langkat Ny. Hj. Roro Endang Salahudin, sejumlah Kepala SKPD dijajaran Pemkab. Langkat, Camat se-Kab. Langkat dan pengurus TP. PKK Langkat serta masyarakat Desa Selotong yang antusias menyambut dicanangkannya Desa mereka sebagai Desa KB di Langkat.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Langkat  H. Ngogesa Sitepu, SH mengatakan, pencanangan Desa Selotong sebagai Kampung KB tidak sekadar seremoni, melainkan bisa menjadi percontohan bagi desa-desa lainnya di Kabupaten Langkat dalam mensukseskan program KB, yakni Dua Anak Cukup.

"Ini merupakan langkah  untuk menekan agar pertumbuhan penduduk tidak terus bertambah, maka diharapkan peran serta dari semua pihak sangat dibutuhkan ," ujar Ngogesa.

Lanjutnya, Kampung Keluarga Berencana (KB) diperlukan diseluruh desa dan kelurahan di Kabupaten Langkat, sebab keberhasilan program KB akan sangat membantu dalam meningkatkan kualitas hidup manusia dan kesejahteraan keluarga pra-sejahtera untuk menuju yang lebih baik.

"Kampung KB akan membangun masyarakat yang sejahtera dari tingkat keluarga, jangan hanya berhenti pada pencanangan, tapi harus ada aksi dan gerakan" ujar Bupati Ngogesa.

Melalui pencanangan Kampung KB dan Kesatuan Gerak PKK-KB Kesehatan, Ngogesa menjelaskan bahwa partisipasi TP. PKK Langkat dalam mensukseskan program KB di Langkat cukup signifikant, “Keterlibatan TP. PKK Langkat sangat mendukung keberhasilan program ini, karenannya terima kasih atas eksistensi dan semangat seluruh pengurus, kader dan anggota TP. PKK se-Kab. Langkat dalam mensosialisasikan program KB” Ujar Ngogesa.

Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Utara Drs. Temazaro Zega, M.Kes menuturkan, pencanangan Kampung KB merupakan instruksi Presiden RI, Joko Widodo, di mana program KB diharapkan kembali digalakkan di seluruh wilayah Indonesia.

"Saat ini, angka bayi lahir di Indonesia cukup tinggi, khususnya Kabupaten Langkat, karenanya angka 2,6 yang menjadi Total Fertility Rate di Langkat, akan menjadi 2,5 pada tahun berikutnya, hal ini melalui dicanangkannya Desa Selotong sebagai Kampung KB”  harapnya.

Sementara itu, Camat Secanggang Aliandi menyampaikan ucapan terima kasihnya atas dicanangkannya Desa Selotong sebagai Kampung KB di Kabupaten Langkat, “Ini sebuah penghargaan, semoga Desa Selotong mampu menjadi pilot projet bagi desa dan Kelurahan se-Kabupaten Langkat” ujar Aliandi.

Untuk diketahui, pencanangan Kampung KB adalah gerakan dari program-program KB yang mampu bersinergi dengan program pendidikan, kesehatan, lingkungan, dan lainnya. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendukung program ini, diantaranya, dengan sosialisasi, komunikasi, edukasi tentang program KB kepada masyarakat, serta pelayanan KB di tingkat desa.

Oleh karena itu, ditahun berikutnya, Kampung KB bisa dibentuk di setiap kecamatan di Kabupaten Langkat  hingga akhirnya satu desa di Langkat memiliki satu Kampung KB.  (Humas/Informasi)