PERESMIAN “PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG BELAJAR MTS AL-USWAH”
12 Oktober 2016 - 17:32:21 WIB,    hendra - DISKOMINFO

Langkat,  (PDE)

Acara peresmian gedung belajar MTs Al-Uswah di Kelurahan Bela Rakyat, Kecamatan Kuala, Kabupaten Langkat pada hari Rabu, (12/10). Acara ini dihadiri oleh Bupati Langkat H Ngogesa Sitepu, SH, Hirofumi Morikawa Konsul Jenderal dari Konsulat Jenderal Jepang di Medan, Abdul Kahar Ketua Yayasan Al-Uswah Sumatera Utara.

Pembangunan gedung belajar MTs Al-Uswah merupakan realisasi dari bantuan hibah Pemerintah Jepang tahun anggaran 2015 program Grant Assistance for Grassroots Human Security Projects, yang diberikan kepada Yayasan Al-Uswah Sumatera Utara sebagai bentuk kerja sama, dukungan dan wujud kepedulian dari masyarakat Jepang kepada masyarakat Indonesia. Penandatanganan kontrak hibah Proyek Pembangunan Gedung Belajar MTs Al-Uswah senilai Rp. 917 juta ini telah dilakukan pada tanggal 3 Maret 2016.

Pada Kesempatan tersebut H Ngogesa menyampaikan dalam sabutannya rasa hormat, penghargaan dan terimakasih kepada pengurus yayasan yang telah berupaya meningkatkan fisik bangunan dengan melakukan kerjasama dengan berbagai pihak.

Pendidikan memang kebutuhan masyarakat dan hak mendasar sehingga semua pihak harus merasa tanggung jawab terhadap kwalitas penddikan yang ada, terlebih para santri dari sekolah ini bukan hanya memiliki kemampuan intelektual tetapi juga memiliki pengetahuan agama yang mempuni.

Bupati H. Ngogesa dalam kesempatan tersebut juga atas nama Pemerintah Kabupaten Langkat menyampaikan ucapan terimakasih kepada Komjen Jepang atas kepeduliannya untuk meningkatkan sumber daya manusia, spontan Bupati Langkat juga mengatakan akan memberangkatkan haji Kepada Abdul Kahar selaku Ketua Yayasan Al-Uswah Sumatera Utara.

Sebelumnya Komjen jepang  Hirofumi Morikawa mengatakan gedung MTs Al-Uswah terdiri dari 2 lantai dengan jumlah ruang belajar sebanyak 6 kelas (untuk kapasitas sekitar 180 siswa/siswi), dan dilengkapi dengan fasilitas lapangan badminton. Sebelumnya, MTs Al-Uswah mengalami kendala kekurangan ruang kelas, dan untuk meningkatkan kualitas belajar, gedung sekolah dibangun dan diperluas melalui bantuan Pemerintah Jepang tahun 2015 - 2016.

Bantuan hibah program Grant Assistance for Grassroots Human Security Projects merupakan skema bantuan hibah dari Pemerintah Jepang dengan ciri utamanya langsung dan cepat menjangkau penerima manfaat di tingkat akar rumput (grassroots), institusi pendidikan dan kesehatan, panti asuhan serta lembaga non-profit lainnya. Sampai saat ini, Bantuan Hibah Grassroots untuk Keamanan Manusia telah diwujudkan dalam berbagai proyek-proyek, yang berhubungan dengan kebutuhan dasar manusia, antara lain dalam bidang pendidikan dasar, kesehatan, lingkungan dan sosial. Khususnya di bidang pendidikan, sejak tahun 2000, di wilayah yuridiksi kantor Konsulat Jenderal Jepang di Medan, sebanyak 31 sekolah (senilai Rp. 32,5 milyar) telah dibangun melalui program ini.

Ketua yayasan Al-Uswah Sumut juga mengatakan seiring dengan peningkatan sarana gedung sekolah baru ini kami juga berusaha untuk meningkatkan kualitas sekolah dalam bidang pendidikan dan lingkungan, pada bidang pendidikan kami mengadakan ektrakulikuler bahasa jepang dan dalam bidang linkungan kami bekerja sama dengan rumah kompos dan Bank Sampah induk Sicanang Medan, agar sampah juga dapat memberikan nilai ekonomi bagi sekolah ini.

Melalui bantuan kerja sama hibah ini, diharapkan siswa/siswi MTs Al-Uswah akan mendapatkan lingkungan pendidikan yang lebih baik dan kualitas pendidikan dapat meningkat.

Hadir juga dalam acara Asisten II Adm. Ekbangsos H. Hermansyah, Kadis P dan P Salam Syahputra, Staf Ahli Edy Dharma, Camat Kuala, seluruh Kades seKecamatan Kuala.  (Humas/Informasi)