PERINGATI HARI CUCI TANGAN SEDUNIA, TP PKK LANGKAT GELAR AKSI
15 Oktober 2016 - 14:21:05 WIB,    hendra - DISKOMINFO

Langkat,  (PDE)

Sambut Hari Cuci Tangan Sedunia, TP. PKK Langkat gelar Demonstrasi Cuci Tangan dan Gosok Gigi yang dipusatkan untuk anak-anak Sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Kegiatan berlangsung, Sabtu (15/10), di 3 Sekolah PAUD berbeda, yakni PAUD Ibunda Desa Sendang Rejo Kecamatan Binjai, PAUD Melati desa Perdamaian Kecamatan Binjai dan PAUD Karunia Bunda di Kelurahan Kwala Bingei Kecamatan Stabat.

Dalam penjelasannya, Ketua TP. PKK Langkat yang juga Bunda PAUD Kabupaten Langkat Ny. Hj. Nuraida Ngogesa menjelaskan, gerakan cuci tangan dan gosok gigi ini dinilai cukup penting, karena tanpa disadari, tangan dan gigi akan menjadi tempat bakteri, virus dan kuman yang membawa bibit penyakit.

Untuk itu, TP. PKK Langkat menggelar kegiatan ini guna menghimbau kepada seluruh anak-anak di Langkat agar mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan rajin menggosok gigi setiap harinya khususnya ketika mandi dan sebelum tidur sehingga hal tersebut menjadi kebiasaan bagi seluruh anak-anak di Langkat.

“Ya benar, semua itu dimulai sejak dini, karenanya, mari bersama-sama mengajarkan dan membiasakan pola hidup bersih kepada anak-anak” ajak Nuraida kepada seluruh orang tua.

Kadis Pendidikan dan Pengajaran Langkat Salam Syahputra yang juga hadir dalam kegiatan mengatakan, cuci tangan dan gosok gigi adalah kebiasaan yang bermanfaat bagi anak-anak. Mengapa? Karena inilah cara untuk mengurangi dampak timbulnya penyakit bagi anak-anak.

“Minimal cacing yang terdapat dikuku akan hilang dan tidak dapat masuk ke dalam tubuh melalui makanan karena kebiasaan mencuci tangan” kata Salam.

Olehkarena itu, Salam berharap, anak-anak menyenangi pola hidup bersih kelak kedepannya akan menjadi generasi Langkat yang unggul dan sehat. Sementara itu, Camat Binjai Mahardika Sastra Nasution dan Camat Stabat M. Nurta mengucapkan apresiasi atas kegiatan TP. PKK Langkat peduli terhadap kebersihan anak.

“Tanpa kita sadari, kebiasaan yang kita tanamkan dari usia dini akan selalu melekat sampai kita dewasa, termkasud kebiasaan cuci tangan dan gosok gigi” kata Camat Binjai Mahardika.

Perlu diketahui, selama berlangsungnya kegiatan, Hj. Nuraida didampingi pengurus TP. PKK Langkat lainnya, seperti Ny. Hj. Roro Endang Salahudin dan Ny. Supandi memberikan Praktik mencuci tangan dan menggosok gigi yang benar kepada murid di 3 sekolah PAUD tersebut.

Dari kesimpulan yang dikemukakan Hj. Nuraida, kegiatan ini adalah motivasi bagi seluruh anak-anak di Kabupaten Langkat agar membiasakan pola hidup bersih yang nantinya akan menjadi penentu keberhasilan meraih cita-cita dikemudian hari.  (Humas/Informsasi)