APEL GABUNGAN PEMKAB. LANGKAT BAHAS PENGELOLAAN SAMPAH
31 Oktober 2016 - 17:09:42 WIB,    hendra - DISKOMINFO

Bupati Langkat H. Ngogesa : SKPD Harus Menjadi Penggerak Budaya Gotong Royong Ditengah Masyarakat.

 

Stabat,  (PDE)

Pelaksanaan Apel gabungan dijajaran  ASN Pemerintah Kabupaten Langkat yang berlangsung dihalaman kantor Bupati Langkat, Senin (31/10) dalam pokok arahannya Bupati Langkat mengambil tema mengenai pengelolaan sampah.

Yang bertindak selaku Pembina upacara Assisten III Adm. Umum Drs. Sura Ukur mewakili  Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu, SH dan dihadiri oleh peserta upacara terdiri dari  seluruh Staf Ahli Bupati Langkat, Kepala SKPD dijajaran Pemkab. Langkat beserta jajarannya.

Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu, SH dalam pidato tertulisnya yang dibacakan Sura Ukur mengatakan, perihal pengelolaan sampah adalah hal yang sangat penting dilakukan guna mencapai target lingkungan yang bersih, rapi dan indah.

Lanjutnya, untuk mencapai target tersebut, perlu adanya kesadaran dari semua pihak dan itu merupakan point penting dalam suksesnya target tersebut, dan untuk mencapai  hal tersebut, ada contoh dan arahan yang harus dijalankan oleh seluruh SKPD dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di  Kabupaten Langkat.

Pertama, ASN di Kabupaten Langkat diharapkan mampu menjadi pelopor kebersihan di lingkungan tempat tinggal masing-masing dengan membudayakan pengelolaan sampah yang ramah lingkungan dengan memberikan contoh kepada masyarakat tentang gerakan 3R (mencegah timbulnya sampah, mengguna ulang sampah dan mendaur ulang sampah).

Kedua, seluruh SKPD bertanggungjawab membersihkan lingkungan perkantoran masing-masing dengan menyediakan tempat tong/bank sampah didepan kantor masing-masing.

Ketiga, Badan Lingkungan Hidup, Dinas Kebersihan dan Pertamanan beserta beberapa instansi terkait yang bertindak sebagai leading sektor penanganan kebersihan dan penataan lingkungan agar lebih giat melakukan sosialisasi dan pembinaan kepada masyarakat mengenai pentingnya pengelolaan sampah yang ramah lingkungan.

Terakhir, Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Kelurahan (PMDK) beserta camat se-Kabupaten Langkat agar terus menerus berkesinambungan menggerakkan swadaya gotong royong masyarakat desa dan kelurahan diwilayah Kabuapten Langkat demi mewujudkan pemukiman yang bersih dan mencegah berkembangnya wabah penyakit yang diakibatkan oleh nyamuk seperti penyakit malaria, demam berdarah dan demam cikungnya.  (Humas/Informasi)