DESA SUMBER MULIO DAN BANYUMAS PUNYA POTENSI JADI YANG TERBAIK DI SUMUT
28 November 2016 - 09:07:55 WIB,    hendra - DISKOMINFO

Stabat,  (PDE)

Tim Evaluasi TP.PKK Provinsi Sumut (Provsu) yang dipimpin langsung oleh Ketua TP. PKK Provsu Ny. Hj Evi Diana Erry Nuradi kunjungi Desa Sumber Mulyo Kecamatan Wampu dan Desa Banyumas Kecamatan Stabat Kabupaten Langkat, Senin (28/11).

Ini adalah kunjungan terakhir Tim TP. PKK Provsu setelah sebelumnya, Senin (3/10), Tim melakukan Monitoring juga pernah mengunjungi kedua desa tersebut untuk melakukan pembinaan dan pembenahan sejauh mana perkembangan dan kesiapan kedua desa itu untuk mengikuti lomba PKK Provsu kategori  HATINYA PKK dan Tanaman Obat Keluarga (TOGA).

Sebelum melakukan kunjungan ke Desa Sumber Mulio dan Banyumas, Hj. Evi bersama rombongan disambut oleh Ketua TP. PKK Langkat Ny. Hj. Nuraida Ngogesa dirumah dinas Bupati Langkat.

Turut serta mendampingi Hj. Nuraida dalam penyambutan diantaranya Wakil Ketua TP. PKK Langkat Ny. Hj Eliwati Sulistianto, Ny. Hj. Endang Salahudin, Sekretaris Ny. Hj. Suwarni Hermasyah, Ny. Supandi dan pengurus lainnya.

Setelah itu, Hj Evi dan Hj Nuraida bersama  rombongan pengurus langsung bergerak menuju Desa Sumber Mulio Kecamatan Wampu yang menjadi Nominasi terbaik tingkat Sumatera Utara kategori HATINYA PKK.

Sesampainya disana, Tim Evaluasi TP. PKK Provsu dan Pengurus TP. PKK Langkat disambut oleh Camat Wampu Syamsul Adha dan Kepala Desa Zainal serta Ketua TP. PKK Desa Sumber Mulio beserta jajarannya.

Camat Wampu Syamsul mengucapkan terima kasih atas kunjungan Tim Monitoring ke Desa Sumber Mulio, “Selamat datang, semoga, kunjungan dalam melakukan penilaian terakhir ini dapat memberikan prestasi sebagai hadiah bagi masyarakat Sumber Mulio” ujar Syamsul.

Selama berada di Desa Sumber Mulio, Tim Evaluasi mendengarkan langsung ekpose dari Kepala Desa Sumber Mulio Zainal serta mendengarkan laporan kegitan Ketua TP. PKK Desa Sumber Mulio Ny. Zainal di kantor Desa Sumber Mulio.

Setelah itu, Tim melakukan Tanya jawab kepada ketua dan pengurus TP. PKK Desa Sumber Mulio kemudian melakukan peninjauan langsung ke pekarangan-pekarangan rumah warga masyarakat untuk melihat langsung bagaimana pola penataan dan pemanfaatan pekerangan untuk ditanami berbagai macam tanam-tanaman sayuran  yang dilakukan TP. PKK Desa Sumber Mulio dalam mengelola pekarangan yang asri, rimbun dan nyaman.

Selanjutnya, Tim Evaluasi dan rombongan melakukan kunjungannya ke Desa Banyumas Kecamatan Stabat yang juga menjadi perwakilan Langkat dalam perlombaan TOGA tingkat Provsu.

Sama seperti di Desa Sumber Mulio, Tim Evaluasi dan pengurus TP. PKK disambut oleh Camat Stabat M. Nurta, Kades Banyumas Edi Surianto dan Ketua TP. PKK Desa Banyumas beserta pengurus dan anggota TP. PKK Desa Banyumas dan undangan lainnya.

Di Desa Banyumas, Tim Evaluasi juga mendapatkan ucapan terima kasih dari Camat Stabat M. Nurta atas kunjungan untuk menilai secara langsung keadaan Desa Banyumas dalam mengikuti lomba TOGA.

Setelah itu, Tim  mendengarkaan ekpose dari Kepala Desa Banyumas Edi Surianto dan laporan kegiatan TP. PKK Desa Banyumas yng disampaikan Ketua TP. PKK Desa Banyumas Ny. Edi Surianto, dan kemudian Tim melakukan Tanya jawab, kemudian tim dan robongan memantau langsung tanaman-tanaman obat yang dikelola TP. PKK Desa Banyumas bekerjasama dengan masyarakat sekitar.

Sebelumnya dalam kesempatan itu Ketua TP. PKK Provsu Hj. Evi menjelaskan bahwa persiapan kedua desa sudah baik dan layak menjadi kandidat terbaik tingkat Provsu.

“Langkah cepat, terkoordinir dan kerjasama yang efektif dari TP. PKK Langkat, TP. PKK Desa, Aparatur Desa serta masyarakat menjadikan Kedua Desa ini berpotensi jadi yang terbaik” katanya.

Evi berharap, kedepannya desa/kelurahan di Sumatera Utara, khususnya Langkat dapat termotivasi untuk terus menggalakkan potensi desa agar desa-desa di Sumut mampu menjadi garda terdepan dari Kemajuan Sumatera Utara.

Disaat yang sama Ketua TP. PKK Langkat Ny. Hj. Nuraida Ngogesa menyampaikan terima kasih atas kunjungan yang dilakukan oleh tim Evaluasi TP. PKK Provsu.

Keikutsertaan desa-desa di Langkat dalam lomba yang diselenggarakan TP. PKK Provsu merupakan tantangan tersendiri bagi dirinya dan seluruh pengurus untuk memantapkan desa-desa di Langkat menjadi desa yang maju, unggul dan mandiri.

“Sebagai mitra Pemerintah Daerah, program-program pengembangan kemandirian dan kesejahteraan desa terus kami lakukan sehingga desa-desa di Langkat terus berkontribusi bagi kemajuan daerah” katanya.

Karena itu, Nuraida mengucapkan terima kasih atas masukan dan saran yang diberikan Tim Evaluasi TP. PKK Provsu terkait penilaian terakhir atas kedua desa yang dikunjungi.

“Mudah-mudahan, kunjungan ini menjadi jembatan menuju pintu keberhasilan bagi Desa Sumber Mulio dan Desa Banyumas meraih prestasi HATINYA PKK dan TOGA tingkat Provsu, mohon do’a dan dukungan dari seluruh masyarakat Langkat” harap Nuraida.

 

DESA SUMBER MULIO DAN BANYUMAS PUNYA POTENSI

Sementara itu, Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu, SH melalui pidato tertulisnya yang dibacakan Kaban PMDK Langkat Drs. H. Jaya Sitepu optimis Desa Sumber Mulio dan Desa Banyumas raih prestasi HATINYA PKK dan TOGA tingkat Provsu.

Ngogesa menjelaskan, ada beberapa keunggulan yang dimiliki desa-desa di Langkat, salah satunya kepedulian masyarakat desa dalam perkembangan desa, “Olehkarena itu, potensi tersebut akan menjadikan Desa Sumber Mulio dan Desa Banyumas berpeluang besar memberikan prestasi yang membanggakan bagi Langkat” katanya.

“Untuk diketahui, selain Desa Sumber Mulio dan Desa Banyumas, 8 desa lainnya juga mengikuti beberapa perlombaan yang diselenggarakan TP. PKK Provsu, diantaranya, Desa Palawi Selatan, Desa Stabat Lama, Kelurahan Kebun Lada, Desa Dogang, Desa Pasiran, Desa Kwala Air Hitam dan Desa Perkebunan Marike.” Ujar Jaya.  (Humas/Informasi)