SWASEMBADA PANGAN MENJADI PEMBAHASAN PADA APEL GABUNGAN PEMKAB. LANGKAT
05 Desember 2016 - 17:56:49 WIB,    hendra - DISKOMINFO

Stabat,  (PDE)

Apel gabungan Pemerintah Kabupaten Langkat yang berlangsung di halaman kantor Bupati Langkat, Senin (5/12), membahas perihal swasembada pangan. Bertindak sebagai Pembina Apel adalah Bupati Langkat yang diwakili Wabup Langkat H. Sulistianto dan diikuti oleh Sekda Langkat H. Indra Salahudin, seluruh Assisten, staf Ahli Bupati, Kepala SKPD dan jajarannya.

Dalam Apel tersebut, Sulis membacakan pidato Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu, SH mengenai Swasembada pangan di Kabupaten Langkat yang harus dipertahankan bahkan ditingkatkan.

Menurut Ngogesa, Langkat adalah salah satu Kabupaten penghasil beras terbesar di Sumatera Utara dengan mampu mencapai swasembada pangan khususnya beras 6 tahun berturut-turut.

Saat ini, Pemkab. Langkat melalui alokasi dana dari APBN dan APBD telah berupaya mempertahankan swasembada pangan di Langkat dengan melakukan beberapa kegiatan diantaranya, pemberian bantuan benih unggul, pemberian bantuan pupuk bersubsidi, pembangunan dan rehabilitasi sarana irigrasi, pembangunan dan peningkatan jalan usaha tani, pemberian bantuan alat dan mesin pertanian, pemberian bantuan alat pasca panen, pembangunan sarana pasca pane, pemberian subsidi premi asuransi usaha tani padi dan lain sebagainya.

Disamping itu, ada juga kerjasama Pemkab. Langkat dengan Kodim 0203 Langkat untuk membantu petani dalam mempertahankan swasembada pangan dan meningkatkan produksi beras.

“Memang, ada beberapa ancaman dalam pencapaian target, diantaranya, adanya alih fungsi lahan sawah ketanaman perkebunan dan kesuburan tanah yang menurun akibat pemakaian pupuk kimia secara terus menerus” katanya.

Untuk itu, Ngogesa berharap, jalinan koordinasi antara instansi terkait harus terus dilakukan guna mengevaluasi sejauh mana kendala yang dihadapi para petani sehingga produksi beras yang dihasilkan oleh para petani Langkat dapat terus meningkat dan swasembada pangan akan dapat terus menerus dipertahankan bagi Kabupaten Langkat.  (Humas/Informasi)