DESA NAMO SIALANG BATANG SERANGAN DICANANGKAN SEBAGAI DESA ANTI NARKOBA
01 Desember 2016 - 18:03:20 WIB,    hendra - DISKOMINFO

Langkat,  (PDE)

Desa Namo Sialang Kecamatan Batang Serangan dicanangkan sebagai Desa Anti Narkoba oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Langkat, Kamis (1/12).

Atas penetapan tersebut, Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu, SH yang datang langsung ke Desa tersebut merasa senang melihat semangat masyarakat Desa Namo Sialang Perang terhadap narkoba.

Dalam sambutannya dihadapan ratusan masyarakat Desa Namo Sialang yang juga relawan Anti Narkoba, Bupati Ngogesa mengatakan bahwa semangat ini harus terus didukung agar Narkoba yang dapat merusak masa depan generasi muda Bangsa dapat hilang sirna peredarannya di Langkat melalui semangat dan komitmen seluruh masyarakat Langkat.

“Desa Namo Sialang adalah awal dari pencanangan desa - desa di Langkat, dan ini juga inspirasi bagi desa - desa lain untuk terus menerus perang terhadap Narkoba” katanya.

Ngogesa yang datang didampingi Sekda H. Indra Salahudin dan sejumlah Kepala SKPD dijajaran Pemkab. Langkat juga menyatakan bahwa komitmen Pemerintah Daerah sangat tegas bahwa Narkoba adalah ancaman bangsa.

Untuk itu, program dan sosialisasi akan terus menerus dilakukan guna mencegah dan menghanguskan Narkoba di Langkat, sehingga secara bertahap, masyarakat Langkat yang sudah masuk dalam perangkap Narkoba dapat mengatasinya dengan menjauhkan Narkoba dari aktivitasnya sehari - hari.

“Jangan biarkan musuh Bangsa tersebut menghancurkan masa depan bangsa, karenanya, seluruh pihak, dari Pemerintah Daerah, BNN, unsur Kepolisian/TNI, Parlementer, tokoh agama, tokoh masyarakat dan seluruh elemen masyarakat harus ikut serta guna penyalah gunaan peredaran Narkoba di Langkat tidak terjadi lagi” harap Ngogesa.

Ketua DPRD LangkatTerbit Rencana yang hadir dalam kegiatan tersebut juga menyampaikan terima kasih atas semangat masyarakat Desa Namo Sialang menjadi symbol kekuatan perang terhadap Narkoba. “Jangan jadikan Narkoba saudara dalam kehidupan, karena anak - anak kita bisa menjadi korbannya” kata terbit.

Karenanya, Terbit mengharapkan komitmen seluruh masyarakat harus terus dipertahankan dan khusus kepada para orang tua di Langkat, beri peraturan tegas kepada anak - anaknya agar menjauh dari Narkoba, sehingga masa depan Bangsa khususnya masa depan Langkat dapat terealisasi dengan baik, baik dalam ilmunya maupun karakternya.

Kepala BNN Langkat H. Ahmad Zaini menjelaskan, pencanangan Desa Namo Sialang sebagai Desa Anti Narkoba adalah simbol desa-desa di Langkat dalam memerangi penyalah gunaan peredaran Narkoba. “Namo Sialang akan menjadi contoh bagi desa-desa lain di Langkat terkait menghapuskan penyalah gunaan Narkoba di Langkat” ujarnya.

Zaini berharap, kedepannya, desa-desa di Langkat akan melakukan hal yang sama seperti apa yang dilakukan Desa Namo Sialang, “Dengan semangat bersama, pasti, penyalah gunaan peredaran Narkoba di Langkat tidak akan terjadi lagi” ajaknya kepada seluruh masyarakat Langkat.

“Sudah ada tiga desa di Langkat yang cukup membanggakan, yakni Desa Simpang Tiga Kecamatan Sawit Seberang dan Desa Raja Tengah, Desa Walie Kasih Kecamatan Kuala, untuk itu, seluruh relawan anti narkoba di Desa Namo Sialang akan dibimbing dan dilatih oleh BNN Langkat bekerjasama dengan Unsur Kepolisian guna mengoptimalkan pemberantasan Penyalahgunaan Narkoba di Langkat” sebut Zaini.

Camat Batang Serangan Retti Yanti didampingi Kades Namo Sialang Rasliadi Sembiring mengucapkan terima kasih atas terpilih Desa Namo Sialang sebagai Desa Anti Narkoba.

Ini apresiasi yang besar bagi masyarakat Desa Namo Sialang, setelah ini, focus pemberantasan Narkoba di desa dan wilayah desa lainnya di Kecamatan Batang Serangan akan segera dilaksanakan bekerjasama dengan unsur terkait.

Seperti diketahui, kegiatan pencanangan ini juga dinamakan Pencegahan, Pemberantasan, Peredaran dan penyalah gunaan gelap Narkoba (P4GN), dan dalam kegiatan pencanangan tersebut, juga diadakan beberapa kegiatan tambahan, seperti sambutan khas masyarakat Desa Namo Sialang dan pelantikan Relawan Anti Narkoba Desa Namo Sialang yang diketuai oleh Kepala Desa Namo Sialang Rasliadi Sembiring dan Septaria Sitepu (sebagai Ketua Pelaksana Relawan) yang dilantik langsung oleh Kepala BNN Langkat AKBP H. Zaini, SH, MH.

Disamping itu, ada juga Pemberian bantuan 10.000 bibit lele dari Pemkab. Langkat melaui Dinas Perikanan dan Kelautan Langkat kepada kelompok masyarakat desa Paluh Pakih Kecamatan Batang Serangan dan ikrar seluruh masyarakat Desa Namo Sialang untuk perang terhadap Narkoba, secara ringkas, isi dari ikrar tersebut, masyarakat Desa Namo Sialang menolak penyalah gunaan peredaran Narkoba dan mendukung langkah dan upaya seluruh pihak, baik itu Pemerintah Daerah danUnsur Kepolisian/TNI serta BNN yang terus menerus perang terhadap Narkoba.  (Humas/Informasi)